Kehadiran kantor kas tidak hanya memudahkan masyarakat Pulau Roon, tetapi mendukung pembangunan daerah dalam berbagai sektor
Teluk Wondama, Papua Barat (ANTARA) - PT Bank Pembangunan Daerah Papua (Bank Papua) membuka kantor kas untuk melayani masyarakat di Pulau Roon, Kabupaten Teluk Wondama Provinsi Papua Barat.

Bupati Teluk Wondama Hendrik Syake Mambor di Wasior, Minggu, mengatakan selama ini masyarakat Pulau Roon harus menyeberang lautan menuju ibu kota kabupaten setempat untuk mengakses layanan perbankan.

Kantor Kas Bank Papua tersebut sudah mulai beroperasi sejak 15 Maret 2024 yang berdampak positif kepada pertumbuhan ekonomi daerah,  pengembangan dunia pendidikan dan kesehatan.

“Kehadiran kantor kas tidak hanya memudahkan masyarakat Pulau Roon, tetapi mendukung pembangunan daerah dalam berbagai sektor," kata Hendrik.

Selain itu, menurut dia, pembukaan Kantor Kas Bank Papua Distrik Roon akan mengoptimalkan pelayanan pemerintah khususnya pemerintahan distrik dan kampung atau desa kepada masyarakat.

Baca juga: Bank Papua sebut persiapan menjadi bank devisa sudah 50 persen

Baca juga: Bank Papua kembangkan aplikasi pengajuan kredit secara online


Bupati memerintahkan seluruh pembayaran gaji aparatur distrik dan kampung, para guru dan petugas medis yang bertugas di Distrik Roon termasuk Dana Desa dilakukan melalui Kantor Kas Bank Papua Distrik Roon.

“Pencairan Dana Desa, honor aparat, gaji guru, dan mantri melalui Kantor Kas Bank Papua. Supaya pelayanan masyarakat lebih maksimal," tutur Hendrik.

Direktur Bisnis Bank Papua Sadar Sebayang mendorong masyarakat Pulau Roon memanfaatkan dengan baik kehadiran kantor kas terutama untuk pemberdayaan ekonomi.

Saat ini Bank Papua telah memiliki 43 kantor cabang, 58 kantor cabang pembantu dan 122 kantor kas yang tersebar di enam provinsi se-Tanah Papua.

Sebagai informasi, terdapat satu Kantor Cabang Bank Papua Wasior, satu Kantor Cabang Pembantu Windesi dan tiga kantor kas yaitu kantor kas di kantor bupati, Kantor Kas Distrik Rumberpon dan Kantor Kas Distrik Roon.

Baca juga: Kinerja Bank Papua tahun 2023 tumbuh positif

Baca juga: BI: Bank Papua Cabang Merauke kas titipan terbaik di wilayah 3T

 

Pewarta: Fransiskus Salu Weking
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024