Untuk pembangunan gedung TCC kita targetkan rampung tahun ini dengan alokasi dana Rp42 miliar
Tabalong, Kalsel (ANTARA) - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan mengalokasikan dana sebesar Rp42 miliar untuk pembangunan Tabalong Convention Center di Jalan Nan Sarunai Kecamatan Murung Pudak.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Tabalong Wibawa Agung Subrata mengatakan dana pembangunan TCC bersumber dari APBD Kabupaten Tabalong 2024 dan kelanjutan pembangunan dialokasikan pada APBD 2025.

"Untuk pembangunan gedung TCC kita targetkan rampung tahun ini dengan alokasi dana Rp42 miliar," kata Wibawa di Tabalong, Sabtu.

Dia mengatakan, di lahan sekitar 2,5 hektare TCC bisa menjadi green building di kawasan ini dan menjadi ikon baru Kabupaten Tabalong.

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani mengatakan pembangunan TCC menjadi awal pengembangan kawasan jalan Nan Sarunai yang menjadi pusat bisnis maupun pemerintahan.

"Jalan Nan Sarunai nantinya jadi pusat bisnis dan pemerintahan karena itu kita perlu memiliki Tabalong Convention Center sebagai pusat kegiatan berskala nasional," jelas Anang pada acara peletakan batu pertama pembangunan TCC.

Bagi Anang TCC jadi suatu kebutuhan karena bakal banyak kegiatan yang berskala nasional digelar dengan kapasitas minimal 5.000 orang.

Untuk itu perlu pengawasan yang ketat pada pelaksanaan pembangunan TCC karena akan menjadi ikon daerah dan sebagai warisan untuk generasi mendatang.

Sebelumnya, Pemkab Tabalong juga melakukan peletakan batu pertama pembangunan kampus Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Syekh Muhammad Nafis Tabalong yang juga berlokasi di Jalan Nan Sarunai Kecamatan Murung Pudak.

Rencana sejumlah gedung pemerintahan dan Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong juga akan dibangun di jalan Nan Sarunai.

Baca juga: Pemkab Tabalong catat pertumbuhan ekonomi capai 4,9 persen
Baca juga: Balai Hutan Kalimantan dukung KUPS Riam Kinarum kembangkan ekowisata
Baca juga: Tabalong terima bantuan pengembangan kampung hortikultura

Pewarta: Gunawan Wibisono/Herlina Lasmianti
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024