Kami mengkaji lidah api tersebut dari mulai evolusinya, pembentukannya sampai karakteristiknya, sehingga kita bisa mengetahui seperti apa filamen yang berbahaya bagi bumi,
Jakarta (ANTARA) - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melakukan berbagai penelitian terhadap berbagai fenomena yang muncul pada matahari untuk mengetahui seberapa besar dampak perubahan yang dialami oleh bintang tata surya tersebut bagi planet bumi. 
 
Peneliti Pusat Riset Antariksa BRIN Johan Muhamad mengatakan tahun ini pihaknya ada penelitian mengenai pergerakan bintik matahari.
 
"Di matahari ada bintik hitam yang kami sebut sebagai sun spot. Bintik itu mengalami perubahan tentang kemunculan dan juga kecepatan pergerakannya," kata Johan melalui dialog bertajuk "Riset Matahari dan Aktivitasnya" yang dipantau di Jakarta, Jumat.
 
BRIN mengkaji fenomena bintik matahari tersebut menggunakan peralatan yang sudah terpasang di salah satu balai pengamatan yang terletak di Jawa Timur.

Baca juga: BRIN bentuk tiga tim untuk teliti gerhana matahari hibrida di Biak
 
Fasilitas balai pengamatan itu telah melakukan pengamatan bintik matahari selama puluhan tahun dan masih berlangsung hingga saat ini.
 
Selain meneliti bintik matahari, lanjutnya, BRIN juga meneliti filamen matahari atau umum dikenal sebagai lidah api matahari. Kemunculan lidah api matahari kadang bisa terlepas dan meledak hingga menimbulkan efek ke bumi.
 
"Kami mengkaji lidah api tersebut dari mulai evolusinya, pembentukannya sampai karakteristiknya, sehingga kita bisa mengetahui seperti apa filamen yang berbahaya bagi bumi," kata Johan.
 
BRIN juga memiliki proyek kajian mengenai penjalaran lontaran massa korona matahari. Korona merupakan lapisan atmosfer paling atas matahari yang terdiri dari gas. Suhu korona bisa ratusan kali lebih panas dibandingkan suhu permukaan matahari.

Baca juga: BRIN lakukan tiga eksperimen riset tentang gerhana matahari hibrid
 
Medan korona dapat menyebar ke luar angkasa dan memunculkan angin matahari yang bergerak melalui tata surya, bahkan efeknya bisa sampai ke bumi.
 
Ilmuwan mempelajari dampak fenomena itu dengan memprediksi arah komponen medan magnet.
 
Lebih lanjut Johan menuturkan saat ini proyek kajian BRIN yang juga masih berjalan adalah tentang gerhana matahari.
 
Pada 20 April 2023 gerhana matahari hibrida terjadi di Indonesia, terutama wilayah timur, berupa penampakan gerhana matahari total. BRIN melalukan ekspedisi pengamatan gerhana matahari total tersebut dan menghasilkan banyak data.
 
"Kami bekerja sama dengan Institut Teknologi Sumatera (Itera) mengkaji bentuk-bentuk korona matahari yaitu lapisan terluar dari atmosfer matahari yang bentuknya itu dapat menjadi penanda siklus matahari," ujar Johan.

Baca juga: Gerhana matahari hibrida segera tampil di langit Indonesia, sebut BRIN

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024