Milan (ANTARA News) - Diego Maradona berpeluang menghadiri pertandingan ketika bekas klubnya Napoli bertekad menghancurkan rencana Roma meraih kemenangan kedelapan secara berturut-turut di Liga Italia pada Jumat.

Maradona, yang membantu Napoli meraih dua gelar juara liga pada 1987 dan 1990, akan mendapat penghargaan dari surat kabar Italia pada Jumat di daerah sekitar stadion Olimpico.

Meski kemungkinan kehadirannya akan menambahi rasa glamor terhadap "Derby del Sole," pertandingan papan atas antara dua klub terbesar di Italia selatan ini sendiri telah menjanjikan penampilan menghibur.

Setelah mengawali musim dengan mengejutkan di bawah pelatih Prancis Rudi Garcia, Roma, yang finis di peringkat ketujuh musim lalu, memuncaki klasemen dengan keunggulan dua angka atas Napoli dan tim peringkat ketiga Juventus.

Meski Garcia kerap menepis pembicaraan perihal kemungkinan Roma menjuarai liga, Roma telah berkembang di bawah asuhannya dengan menyarangkan 20 gol dari tujuh pertandingan dan hanya kemasukan satu gol.

Berbagai kritik menyebutkan bahwa Roma belum menghadapi tim besar di musim ini, namun kemenangan 3-0 yang diraih Roma atas Inter Milan di San Siro dua pekan silam dengan cepat merestorasi keyakinan bahwa mereka memiliki suatu hal yang dapat ditawarkan pada musim ini.

Penyerang Napoli Goran Pandev, yang sempat bermain di tim rival abadi Roma, Lazio, mengatakan pertandingan ini akan terasa seperti "derby" dan ia mengharapkan permainan yang "terbuka dan spektakuler."

"Ini terasa seperti `derby` bagi saya karena saya pernah berada di Lazio selama lima setengah tahun," kata Pandev kepada surat kabar Il Messagerro.

"Saya pikir Roma akan berusaha mengendalikan berbagai hal sejak awal, dan ini semestinya menjadi pertandingan yang terbuka dan spektakuler."

Pertandingan ini akan mempertemukan dua pelatih paling impresif di musim ini - Garcia dan pelatih Napoli Rafael Benitez - untuk berhadapan satu sama lain pertama kalinya pada musim ini.

Keduanya pernah bertemu ketika Benitez yang masih melatih Liverpool berhadapan dengan tim Prancis Lille di Eropa, dan Benitez yakin absennya Roma dari kompetisi benua pada musim ini menghadirkan keuntungan bagi mereka.

"Kami tidak takut terhadap tim manapun namun ini akan menjadi pertandingan yang sulit bagi kami," kata Benitez kepada TG1.

"Roma juga memiliki keunggulan atas kami sebab tidak seperti kami, mereka hanya bermain satu kali dalam sepekan, di mana kami memiliki Liga Champions. Itu dapat membuat perbedaan besar."

Pemain Argentina Gonzalo Higuain, yang absen karena cedera, telah berlatih pada pekan ini dan siap untuk tampil saat melawan Napoli.

Mantan penyerang Real Madrid ini akan berharap dapat menambahi rekor tiga golnya di liga dengan mencetak gol ke gawang bekas kiper Napoli Morgan De Sanctis, di mana kunjungan ke bekas klubnya akan memberi makna istimewa.

"Ini masih awal musim, namun ini merupakan pertandingan penting. Tentu saja, ini akan menjadi pertandingan yang tidak sama seperti pertandingan lain."
(Uu.H-RF/I015)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013