Samarinda (ANTARA News) - Kebakaran menghanguskan 11 rumah warga di RT 5 Desa Rempanga, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Senin.

Kebakaran yang melanda RT 5 di Gang Keluarga 2 dan 3, Kecamatan Loa Kuluaran itu terjadi sekitar pukul 04.45 Wita menyebabkan 10 keluarga atau 38 jiwa harus kehilangan tempat tinggal.

Salah seorang saksi mata, Arbain NS. mengatakan kebakaran tersebut berlangsung sangat cepat.

"Lokasi kebakaran itu tidak jauh dari tempat tinggal saya. Api tiba-tiba langsung berkobar kemudian menyambar rumah-rumah warga. Saat itu, sebagian besar warga masih terlelap namun untungnya kejadian ini tidak sampai menimbulkan korban jiwa," ungkap Arbain yang juga mantan Kepala Desa Rempanga tersebut.

Kerugian akibat kebakaran itu, kata Arbain, diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Sementara, Ketua RT 5 Desa Rempanga Muhamad Kasim, mengatakan musibah kebakaran itu diduga disebabkan hubungan pendek arus listrik dari rumah salah seorang warga.

"Kejadian ini berlangsung sangat cepat karena ke 11 unit rumah yang terbakar semuanya terbuat dari material kayu yang mudah terbakar," ujar Muhamad Kasim.

Warga yang rumahnya hangus terbakar kata dia untuk sementara menumpang di rumah keluarga atau tetangga terdekat.

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara lanjut Muhamad Kasim telah memberikan bantuan dan mendirikan Peduli Kebakaran.

"Batuan yang telah diserahkan itu diantaranya berasal dari, Camat dan Danramil Loa Kulu, Wakil Bupati Kutai Kartanegara Ghufron Yusuf dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah. Selain makanan siap saji bantuan itu juga berupa sejumlah pakaian bekas layak pakai serta sejumlah uang.

Pewarta: Amirullah
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013