New York (ANTARA News) - Artis Hip-hop Macklemore & Ryan Lewis meraih nominasi terbanyak di American Music Award (AMA) dengan enam kategori.

Penyanyi country Taylor Swift dan Justin Timberlake masing-masing mendapat lima kategori nominasi.

Duo Macklemore & Ryan Lewis akan bersaing dalam kategori top yaitu Artis Tahun Ini, dengan penyanyi Bruno Mars, Swift, Timberlake dan penyanyi pop Rihanna yang mendapat empat nominasi.

Artis lainnya yang mendapat empat nominasi adalah pasangan musik country Florida Georgia Line dan penyanyi R&B Robin Thicke.

Pengumuman nama-nama nominasi dalam lima kategori top ini dibacakan oleh rapper will.i.am dan penyanyi Kelly Clarkson pada Kamis di stasiun televisi ABC dalam acara "Good Morning America".

Macklemore & Ryan Lewis juga menerima nominasi untuk penghargaan incaran yaitu artis pendatang baru terbaik, single tahun ini untuk "Thrift Shop," band pop/rock terfavorit, dan artis rap/hip-hop dan album terbaik untuk "The Heist."

"Susunan talenta tahun ini benar-benar sangat mengesankan," kata Larry Klein, produser AMA dalam konferensi pers sebelum kategori terakhir diumumkan.

Justin Bieber, yang tahun lalu membawa pulang tiga penghargaan termasuk artis terbaik, tidak menerima satupun nominasi tahun ini.

Florida Georgia Line, penyanyi pop Ariana Grande, band rock alternatif Imagine Dragons dan Phillip Phillips, pemenang American Idol ke-11, juga akan berkompetisi untuk kategori artis pendatang baru terbaik.

Lagu "Thrift Shop" akan bersaing dalam kategori single terbaik dengan "Blurred Line" milik Thicke yang berkolaborasi dengan Pharrell & T.I. dan lagu "Cruise" milik Florida Georgia Line dengan Nelly.

Thicke (36) juga memperoleh nominasi untuk artis pria soul/R&B terfavorit bersama penyanyi Miguel dan Timberlake, sementara Ciara, Alicia Keys dan Rihanna akan bersaing merebut tropi artis wanita soul/R&B terbaik.

Bruno Mars dan Imagine Dragons masing-masing menerima tiga nominasi.

Mantan bintang Disney Miley Cyrus (20) yang menampilkan sensasi vulgar pada acara MTV Video Music Award pada Agustus lalu akan tampil dalam acara penghargaan.

Pemenang AMA akan dipilih oleh fans melalui voting online, yang dimulai pada Kamis, dan untuk pertama kalinya tahun ini melalui Twitter.

Penghargaan ini akan berlangsung pada 24 November di Teater Nokia di Los Angeles, demikian dikutip dari kantor berita Reuters.



Penerjemah: Try Reza Essra
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013