Saya tidak akan mengulangi kekeliruan yang lalu. Satu-satunya hal yang saya pedulikan adalah bermain sepak bola dan berada bersama keluarga
Liverpool (ANTARA News) - Luis Suarez menyatakan tobat dan ingin berubah menjadi lebih baik setelah hukuman 10 laga yang diterimanya akibat menggigit pemain lain.

Pemain Liverpool itu menggendong Benjamin, bayi laki-lakinya yang baru lahir dan mengajak Delfina (3) ke dalam lapangan untuk berjabat tangan sebelum pertandingan melawan Crystal Palace sebagai bentuk pernghormatan atas tekad  Suarez itu.

"Di Inggris, hal ini tidak biasa dan pada awalnya orang-orang yang berada di klub mengatakan saya tidak akan pergi, tetapi saya beritahu mereka bahwa anak-anak saya akan datang bersama saya, suka atau tidak suka," kata Luis Suarez seperti dilansir dari Mirror, Selasa (8/10).

"Mereka (keluarga) membuat saya berpikir keras dan mampu menenangkan saya. Saat ini saya banyak memikirkan mereka ketika sedang berada di lapangan," kata Suarez.

"Saya menyadari bahwa dalam pertandingan yang baru saya lakoni, saya sudah lebih tenang. Saya sangat kritis terhadap diri sendiri. Saya sadar ketika bermain baik, dengan lebih tenang, hal itu banyak membantu saya," kata penyerang Tim Nasional Uruguay tersebut.

Suarez menambahkan bahwa ia lebih suka seperti itu dan ia hanya peduli dengan sepak bola dan keluarga.

"Saya lebih suka untuk terus seperti ini. Saya tidak akan mengulangi kekeliruan yang lalu. Satu-satunya hal yang saya pedulikan adalah bermain sepak bola dan berada bersama keluarga," katanya juga.

Bintang kontroversial Liverpool tersebut juga mengungkapkan bahwa kapten Liverpool Steven Gerrard berperan membujuk dia untuk tetap tinggal satu musim panas lagi.

Gerrard bercanda bahwa dia bangun setiap pagi dengan sebuah doa semoga pemain 26 tahun tersebut tidak dijual, dan Suarez berkata "Aku tidak tahu apakah dia berdoa, tapi apa yang dia katakan adalah apa yang ia rasakan karena ia sering berbicara kepada saya."

"Bagi saya, Gerrard adalah seorang legenda di Liverpool, dan aku mengagumi dia sebagai pemain besar di dunia," tambah Suarez.

"Bagi saya, ia akan selalu menjadi patokan dan di level klub Gerrard adalah pemain terbaik yang pernah bermain bersama saya, sebagai seseorang dan sebagai pesepakbola," kata Suarez.

"Dia adalah rekan satu tim luar biasa yang banyak membantu saya. Sikapnya adalah dorongan ekstra bagi saya dalam mengambil keputusan untuk tetap tinggal," kata Suarez.

Suarez menjelaskan dalam sebuah wawancara dengan media Uruguay, bahwa ia bertekad untuk mengubah perilakunya yang kontroversial.
(Alviansyah Pasaribu)
 

Penerjemah: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2013