Beijing (ANTARA) - China akan memperluas permintaan domestik dan mengintegrasikan strategi perluasan permintaan domestik dengan upaya untuk memperdalam reformasi struktural dari sisi penawaran.

Hal itu tercantum dalam laporan kerja pemerintah China yang diserahkan pada Selasa (5/3) kepada badan legislatif nasional negara itu untuk dibahas.

China akan mendorong pertumbuhan yang stabil dalam belanja konsumsi, dan meluncurkan berbagai kebijakan untuk mendorong konsumsi yang bersifat digital, ramah lingkungan, dan berhubungan dengan kesehatan.

Negara itu juga akan mendongkrak pengeluaran untuk kendaraan energi baru (new energy vehicle/NEV) pintar dan terkoneksi, produk elektronik, dan barang-barang bernilai tinggi lainnya, menurut laporan itu.

Guna menyempurnakan lingkungan konsumsi, China akan meluncurkan sebuah program selama setahun untuk menstimulasi konsumsi, katanya.

Laporan tersebut juga menyebutkan bahwa China akan meningkatkan investasi yang efektif. Tahun ini, dana sebesar 700 miliar yuan (1 yuan = Rp2.184) akan dialokasikan dalam anggaran pemerintah pusat untuk investasi.

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2024