... kita harus bisa menjaga kepentingan ASEAN sehingga dalam liberalisasi tidak menimbulkan kesenjangan antarnegara tersebut... "
Nusa Dua, Bali (ANTARA News) - Menteri Koordinator Ekonomi, Hatta Rajasa, menilai perdagangan di antara negara-negara anggota ASEAN terus meningkat sehingga kepentingan ASEAN di APEC harus dijaga. 

"Selanjutnya kita harus bisa menjaga kepentingan ASEAN sehingga dalam liberalisasi tidak menimbulkan kesenjangan antarnegara tersebut," ujarnya, di sela-sela peninjauan pusat media KTT APEC 2013, di Nusa Dua, Bali, Sabtu.

Dia yakin, di bawah kepemimpinan Brunei Darussalam, ASEAN akan mampu menjaga kepentingan itu.

Menyinggung penyelenggaraan KTT APEC 2013 di Bali, dia menyatakan, forum iternasional ini memberikan makna kuat bagi Indonesia, yaitu sebagai kekuatan regional, bahkan nantinya bisa menjadi salah satu kekuatan global.

"Salah kalau ada yang menilai APEC tidak memberikan manfaat bagi Indonesia," ujarnya.

Ia mengajak melihat APEC dan posisi Indonesia dalam perspektif lebih optimistis ketimbang dalam sudut pandang kritis, agar dapat melihat perkembangan dan keuntungan yang bisa diambil dari situasi global seperti sekarang.

"Tiga prioritas utama dalam APEC Bali merupakan kepentingan Indonesia untuk bisa mendekatkan APEC dengan rakyat. Melalui Bogor Goals pada 1994 tercipta semangat kerja sama perdagangan, dan lewat APEC Bali kali ini diberikan makna yang lebih membumi buat Indonesia," katanya.

Tiga prioritas APEC Bali adalah Attaining the Bogor Goals (mewujudkan Bogor Goals), Sustainable Growth with Equity (mencapai pertumbuhan berkelanjutan dan pemerataan), dan Promoting Connectivity (memperkuat konektivitas).

Pewarta: Wira Suryantala
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013