Beijing (ANTARA News) - Rafael Nadal naik lagi menuju puncak peringkat dunia untuk mengambilalih posisi Novak Djokovic, setelah petenis Spanyol itu mengalahkan Philipp Kohlschreiber pada China Terbuka Rabu kemarin.

Pemain yang menyandang 13 gelar turnamen grand slam itu mengalahkan lawannya dari Jerman dengan angka 6-4 7-6(3) pada laga di lapangan keras di National Tennis Centre di Beijing dan selanjutnya di perempat final bertemu dengan Fabio Fognini asal Italia.

Nadal butuh kemenangan pada final turnamen berhadiah 2.315,250 dolar itu untuk menggeser Djokovic yang kukuh selama dua tahun terakhir ini menjadi pemain nomor satu dunia.

Petenis Spanyol itu memenangi 10 gelar tahun ini, termasuk turnamen Prancis Terbuka, AS Terbuka, setelah muncul dari masa istirahatnya karena cedera kaki.  Ia kini sedang berusaha memperpanjang penampilan cemerlangnya di Asia.

"Saya menang karena saya saya bermain stabil, kalau tidak, saya kira saya tidak akan berada lagi di sini," kata Nadal.

Fognini maju ke putaran delapan besar setelah menang 6-0 6-2 dari mantan pemain nomor satu dunia Lleyton Hewitt.

Petenis Amerika yang terkenal dengan pukulan servis keras, John Isner, adalah petenis lain yang menang pada putaran kedua, ketika membukukan angka 6-2 6-7(3) 6-4 atas petenis kualifikasi dari Spanyol, Roberto Bautista.

Ia akan bertemu pemain Ceko yang berperingkat lima dunia Tomas Berdych yang menang WO atas petenis Rusia, Nikolay Davydenko.

Djokovic kembali turun lapangan Kamis menghadapi rekan senegara Nadal, Fernando Verdasco, pada putaran kedua.

(A008/F001)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013