Paris (ANTARA News) - Laga kandang Manchester City melawan juara Eropa yang kini ditangani Pep Guardiola, Bayern Munchen, akan menjadi pertandingan paling menarik dari delapan laga fase grup Liga Champion Kamis dini hari lusa, sedangkan David Moyes akan berada di bawah tekanan ketika Manchester United dijamu Shakhtar Donetsk pada hari dan jam yang sama.

Berikut ringkasan prolog pertandingan kedelapan laga Liga Champions untuk Kamis dini hari lusa:
 
Grup A
Bayer Leverkusen vs Real Sociedad
Baik Leverkusen maupun Real Sociedad tengah mencari menang untuk bangkit setelah sama-sama terjengkang pada laga pertama mereka dua pekan lalu. Leverkusen tumbang 2-4 dari Manchester United di Old Trafford pada pertandingan pembuka, sedangkan Sociedad kalah 0-2 di kandangnya sendiri dari Shakhtar Donetsk.
Tim asuhan Sami Hyypia berpeluang besar meraih tiga poin di Bay Arena, apalagi mereka baru saja mencetak kemenangan ketiga berturut-turut di Bundesliga Sabtu lalu saat melawan Hannover.
Ketika Leverkusen mengawali musim kompetisi ini dengan bagus, Real justru tak sekali pun memenangkan enam pertandingan liga mereka yang adalah hasil terburuk dalam dua tahun terakhir. Pelatih Jagoba Arrasate akan menurunkan tim tanpa Esteban Granero dan Xabi Prieto yang berpengaruh dalam tim.

Shakhtar Donetsk vs Manchester United

Tandang ke Ukraina jelas adalah hal terakhir yang diinginkan David Moyes ketika tekanan keras menghajarnya menyusul awal terburuk Manchester United dalam memulai musim kompetisi selama 24 tahun terakhir.
Kekalahan 1-2 United di kandang sendiri dari West Bromwich Albion Sabtu pekan lalu adalah kekalahan ketiga dalam enam pertandingan pertama MU musim ini, tapi setidaknya Moyes memiliki bekal kemenangan 4-2 dari Bayer Leverkusen pada pertandingan pembuka fase grup dua pekan lalu.
Wayne Rooney mencetak dua gol pada laga itu dan Moyes yang mengakui kekurangan bakat berkelas dunia untuk menjuarai Liga Champions sehingga akan memerlukan penampilan terbaik Rooney di Donbass Arena.
Shakhtar bangkit untuk memaksakan seri 2-2 melawan rivalnya di kompetisi domestik Metalurg akhir pekan lalu, namun pada partai pembuka mereka dua pekan lalu menang 2-0 dari Real Sociedad. Musim ini klub ini juga pernah mengalahkan klub Inggris, Chelsea.

Grup B
Real Madrid vs FC Copenhagen

Setelah kalah menyakitkan pada laga derby Madrid akhir pekan lalu, pelatih Real Carlo Ancelotti tahu pasti pentingnya bangkit untuk menang di Eropa.
Ditandangi Copenhagen yang berada di peringkat kedua klasemen Liga Denmark dan kalah 2-3 dari Brondby akhir pekan lalu, seharusnya kesempataan sempurna bagi raksasa Spanyol itu, kendati klub asuhan Stale Solbakken itu sukses menahan seri Juventus pada laga pertama Grup B dua pekan sebelumnya.
Iker Casillas akan tampil untuk pertama kalinya di Santiago Bernabeu dalam kurun sembilan bulan ketika Ancelotti memberi lampu hijau kepada kapten timnas Spanyol itu, ketimbang Diego Lopez. Gareth Bale juga akan tampil menjadi starter pertama di laga kandang klub barunya yang dua pekan lalu menghancurkan Galatasaray 6-1.

Juventus vs Galatasaray

Setelah ditahan seri Copenhagen dua pekan lalu, Juventus akan berburu kemenangan pertamanya di Grup B saat menjamu Galatasaray yang berusaha mencatat kemajuan setelah kekalahan 1-6 dari Real Madrid.
Anak-anak asuhan Antonio Conte yang terakhir memenangi Piala Eropa pada 1996 dari total dua kali juara, mengalahkan Torino 1-0 akhir pekan lalu berkat gol Paul Pogba dan tetap tak terkalahkan di semua kompetisi musim ini, kendati disalip Roma dengan perbedaan dua poin di puncak klasemen Serie A.
Sementara klub asal Turki masuk ke pertandingan ini dengan pelatih baru yang akrab di telinga Juve. Mantan pelatih Lazio, Inter Milan dan Manchester City, Roberto Mancini, Senin kemarin dipilih untuk menggantikan Fatih Terim yang telah dipecat. Tugasnya adalah menghidupkan kembali timnya yang berada di papan tengah liga domestik dengan hanya mencetak dua kemenangan dari lima pertandingan pertama liga.

Grup C
Anderlecht  vs Olympiakos
Juara Liga Belgia Anderlecht dan juara Yunani Olympiakos disebut sebagai tim-tim lemah di Grup C dan keduanya kalah pada pertandingan pertama lalu. Anderlecht kalah 0-2 dari Benfica, sedangkan Olympiakos kalah kelas dengan tumbang di kandangnya sendiri 1-4 dari Paris Saint-Germain.
Anderlecht memiliki sejarah membanggakan dan pernah mengalahkan AEK Athens baik di kandang maupun tandan ketika mereka terakhir kali melawan klub asal Yunani di Liga Europa dua tahun lalu, namun klub asuhan John Van den Brom ini menempati posisi empat dalam liga domestik, sembilan poin di bawah pemuncak klasemen Standard, dan kurang kekuatan untuk bisa menciptakan dampak di kompetisi Eropa ini. Olympiakos, yang 99 kali kalah di Eropa, sedang memuncaki klasemen Liga Yunani tanpa pernah kalah dan mereka sepertinya berpeluang menang.

Paris Saint-Germain vs Benfica
Paris Saint-Germain menikmati status favorit Grup C setelah menghancurkan Olympiakos di Yunani dua pekan lalu, dan pernah menciptakan langkah besar saat pada kualifikasi untuk mencapai babak 16 Besar musim lalu dengan mengalahkan Benfica di Parc des Princes.
Klub asuhan Laurent Blanc inisebenarnya tengah berjuang meyakinkan dirinya musim ini kendati tak terkalahkan dalam semua kompetisi, sedangkan Benfica yang mengalahkan Anderlecht 2-0 dua pekan lalu, hanya menempati posisi kelima di klasemen Liga Portugal, atau lima poin di bawah pemuncak klasemen Porto.
Namun klub asal kota Lisbon bakal mendapat sambutan hangat di Paris yang adalah kota dengan populasi besar warga keturunan Portugal. PSG akan tampil tanpa kapten Thiago Silva karena cedera, untuk membalaskan dendam kekalahan dari tim yang sampa pada 16 Besar Liga Europa 2011.

Grup D
CSKA Moscow vs Viktoria Pilsen

Kondisi buruk lapangan Arena Khimki di Moskow memaksa pertandingan dipindahkan sejauh 700 km lagi ke St Petersburg. CSKA dan juara Liga Ceko sama-sama kalah dalam pertandingan pembuka, dan diperkirakan hanya akan memperebutkan tempat ketiga di Grup D di bawah Bayern Munchen dan Manchester City.
Persiapan CSKA dalam menghadapi laga ini tidak mulus karena kalah 0-2 dari Terek Grozny akhir pekan lalu dan gagal menang atau bahkan gagal mencetak gol dalam tiga laga terakhir mereka di liga doemstik. Sebaliknya, Pilsen yang ditangani Pavel Vrba tak terkalahkan di liga Ceko, dan telah menang lima kali dan kalah dua kali dalam tujuh laga tandang mereka di Liga Champions.

Manchester City vs Bayern Munchen
Pertandingan di Etihad Stadium akan menarik saat manajer City Manuel Pellegrini kembali berhadapan dengan Pep Guardiola. Kedua pelatih ini sudah saling mengenal di Spanyol, terutama karena keduanya pernah masing-masing menangani Real Madrid dan Barcelona pada 2009-2010.
Kedua favorit Grup D ini sama-sama menang dalam laga pembukaannya setelah City melumat Viktoria Pilsen sedangkan Bayern membekap CSKA di kandangnya sendiri.
Dua gol dari David Silva dan Yaya Toure mengantarkan City menang 2-0 ketika kedua klub bertemu di kandang City dalam kompetisi ini dua tahun lalu, namun klub Inggris itu gagal menjadi juara liga dalam dua tahun terakhir, sebaliknya Bayern malah meraih titel juara Eropa.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013