Kolaborasi ini akan memberikan kesempatan kepada 47.984 mahasiswa untuk melakukan magang atau kursus dengan proyek akhir di perusahaan kelas dunia
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) bersama 276 mitra berkolaborasi untuk menyukseskan keberlanjutan program Magang dan Studi Independen (MSIB) angkatan keenam tahun ini.

“Program MSIB akhirnya bisa menjadi jembatan antara perguruan tinggi dengan mitra,” kata Kepala Program MSIB Wachyu Hari Haji dalam keterangan di Jakarta, Kamis.

Kolaborasi tersebut dilaksanakan melalui penandatanganan kerja sama antara Kemendikbudristek bersama 276 mitra yang meliputi 203 mitra magang dan 73 mitra studi independen.

Kolaborasi ini akan memberikan kesempatan kepada 47.984 mahasiswa untuk melakukan magang atau kursus dengan proyek akhir di perusahaan kelas dunia.

Baca juga: Ratusan ribu mahasiswa ikuti Program MSIB

Penandatanganan dilakukan secara simbolis oleh Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Sri Suning Kusumawardani dan dua perwakilan mitra magang yaitu PT Sinergi Transformasi Digital dan Penggerak Muda Pasar Rakyat Kementerian Perdagangan.

Selain itu, terdapat juga dua perwakilan mitra studi independen yaitu PT Hacktivate Teknologi Indonesia dan PT Lentera Bangsa Benderang yang menandatangani kerja sama itu secara simbolis.

Sejak 2021, MSIB memiliki 128.463 alumni program sedangkan untuk MSIB tahun ini akan terdapat 21.950 mahasiswa magang dan 26.034 mahasiswa studi independen dari total 873 perguruan tinggi di bawah naungan Kemendikbudristek.

Wachyu menuturkan sejauh ini program MSIB membawa dampak positif bagi mahasiswa terutama dalam kapasitas berpikir mulai dari kemampuan memecahkan masalah hingga berpikir kritis dan kreatif.

Baca juga: Kemendikbudristek: MSIB perkuat kolaborasi pendidikan tinggi dan DUDI

“Mereka (mahasiswa peserta MSIB) juga kompetensi kepemimpinan yang di atas rata-rata dibandingkan alumni program lainnya,” ujarnya.

Tak hanya bagi mahasiswa, dampak positif turut dirasakan oleh mitra baik perguruan tinggi maupun mitra Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) karena mampu menghasilkan potensi kerja sama dengan perusahaan.

MSIB pun dapat memberikan dampak ekonomi dan sosial karena dinilai telah menggantikan program management trainee.

Baca juga: Dirjen: Magang bersertifikat siapkan mahasiswa jadi insan profesional

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024