Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemerintah DKI ingin belajar dan bertukar pengalaman dengan pemerintah kota Bangkok, Thailand, soal penanganan masalah yang dihadapi kota-kota besar.

"Kita ingin belajar dari Thailand. Kita ingin tahu bagaimana cara mereka mengatasi berbagai permasalahan yang biasa dihadapi kota-kota besar," katanya di Jakarta, Selasa, saat menerima kunjungan Gubernur Kota Administratif Bangkok, Sukhumband Paribatra.

"Dimana-mana, persoalan di kota-kota besar itu sama saja, tidak jauh-jauh dari macet dan banjir. Oleh karena itu, kita ingin bertukar pengalaman dengan negara lain, termasuk Thailand," ujar Jokowi.

Sukhumband Paribatra mendukung gagasan Jokowi tersebut.

"Kita memang harus saling bertukar pengalaman, bertukar pikiran untuk menemukan solusi atas permasalahan yang dihadapi oleh kota kita masing-masing. Kalau saya lihat, memang permasalahan Jakarta dan Bangkok hampir sama," katanya.

Ia mengatakan, Bangkok juga pernah menghadapi masalah kemacetan dan banjir namun pemerintah telah menemukan solusi untuk mengatasinya.

"Kami pernah menghadapi masalah kemacetan, dan sejak 15 tahun lalu, kami sudah membangun sarana transportasi massal, seperti MRT dan monorel. Begitu pun dengan penanganan masalah banjir," katanya.

Selain bertukar pengalaman soal penanganan masalah macet dan banjir, Pemerintah Provinsi DKI dan Pemerintah Bangkok juga berencana membahas masalah pariwisata.


Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013