... atas nama Ketua ASEAN tahun ini, akan melobi pihak DPRK untuk menemukan solusi damai guna meredakan ketegangan di Semenanjung Korea...
Phnom Penh (ANTARA News) - Wakil Perdana Menteri merangkap Menteri Luar Negeri Kamboja, Hor Namhong, akan memimpin delegasi kunjungan resmi ke Republik Demokratik Rakyat Korea atau Korea Utara dari 4-6 Juni. Misinya membujuk Korea Utara kembali ke meja perundingan Enam Pihak.

Kunjungan Hor adalah atas undangan Menteri Luar Negeri Korea Utara Pak Ui Chun. Selama kunjungan Hor, ia akan mengadakan pembicaraan bilateral dengan Pak dan melakukan kunjungan kehormatan kepada Ketua Komite Tetap Majelis Agung Rakyat.

"Wakil perdana menteri, atas nama Ketua ASEAN tahun ini, akan melobi pihak DPRK untuk menemukan solusi damai guna meredakan ketegangan di Semenanjung Korea," kata juru bicara itu Jumat lalu, seturut Xinhua-OANA.

Dimulai pada 2003, pembicaraan enam negara dengan China sebagai tuan rumah adalah forum memecahkan masalah denuklirisasi Korea Utara. Enam negara itu adalah China, Korea Selatan, Jepang, Korea Utara, Rusia, dan Amerika Serikat.

Tetapi kemudian dihentikan pada 2009 ketika Pyongyang menjauh dari meja perundingan untuk bereaksi menyalahkan masyarakat internasional terhadap uji coba peluru kendali jarak jauhnya.

(H-AK)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2012