Cardiff (ANTARA News) - Pemain termahal dunia Gareth Bale tak mampu menghindarkan kekalahan 0-3 Wales atas Serbia di Cardiff dini hari tadi sehingga timnya jatuh ke jurang klasemen grup Pra Piala Dunia 2014.

Tiga gol dari Filip Djordjevic, Aleksandar Kolarov dan Lazar Markovic mengunci kemenangan Serbia yang tak mampu lolos ke putaran final Piala Dunia Brazil karena terlalu jauh di bawah pemuncak Grup A Belgia yang memerlukan dua poin lagi untuk menjuarai grup, sedangkan Kroasia memastikan diri pada setidaknya posisi kedua.

Bale bergabung dengan Real Madrid dari Tottenham Hotspur pekan lalu lewat kontrak yang luas disebut sebagai transfer termahal di dunia musim ini dengan sekitar 100 juta euro.

Sang striker tampil untuk pertamakalinya sejak bergabung dengan raksasa Spanyol itu sebagai pemain pengganti dan nyaris mencetak gol dari tendangan bebas pada akhir-akhir pertandingan.

Bale diragukan tampil karena menghadapi masalah pada selangkangannya, namun cara dia tampil semalam memperlihatkan dia siap tampil untuk debutnya bersama Real melawan Villarreal Sabtu nanti.

Ketika dia turun ke lapangan, Serbia sudah memimpin dengan 3-0.

Manajer Wales Chris Coleman memburu posisi ketiga grup, namun kemenangan Skotlandia di Macedonia mengantarkan Wales ke dasar klasemen dengan hanya satu poin.

Serbia hanya memerlukan delapan menit untuk membuka gol kemenangannya.

Umpan silang Kolarov diblok oleh kiper Wales Boaz Myhill, namun bola muntahan dari sang kiper dengan sempurna dimanfaatkan Djordjevic.

Wales yang terakhir kali tampil pada putaran final Piala Dunia 1958, semakin terpuruk ketika terobosan Kolarov mengubah kedudukan menjadi 2-0.

Pada 10 menit babak kedua Serbia menciptakan gol ketiganya di  Stadion Cardiff City melawan Wales yang dilemahkan oleh banyaknya pemain yang cedera dan terkena larangan bermain.

Myhill membuat penyelamatan gemilang setelah mementahkan upaya Kolarov, namun tak ada satu pun bek yang bisa menghentikan Markovic memanfaatkan bola mental dari Myhill itu.

Bale tetap dielu-elukan penggemar lewat sejumlah tembakannya, diantaranya nyaris menaklukan kiper Serbia Vladimir Stojkovic jika saja tendangannya tidak melebar. Stojkovic pula yang menghalau tendangan bebas nan brilian dari Bale beberapa menit kemudian, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013