Washington (ANTARA News) - Tim Meksiko tiba di Ohio untuk pertandingan penting di kualifikasi Piala Dunia 2014 melawan AS pada Selasa dengan kekacauan, di mana Luis Fernando Tena ditugaskan membawa mereka kembali ke jalur menuju putaran final di Brazil.

Tena mewarisi posisi pelatih timnas setelah Jose Manuel "Chepo" de la Torre dipecat, beberapa jam setelah Meksiko menelan kekalahan memalukan 1-2 dari Honduras pada Jumat di Stadion Azteca, di mana Meksiko didominasi oleh tamunya.

Akibat kekalahan itu, Meksiko merosot ke posisi keempat di klasemen grup kualifikasi akhir zona CONCACAF, di mana hanya tiga tim teratas yang mendapat tiket otomatis lolos ke ajang pesta sepak bola dunia tahun depan.

Tim posisi keempat akan bermain melawan Selandia Baru untuk mendapatkan jatah tersisa, dan Panama hanya tertinggal satu angka di belakang Meksiko di posisi kelima, dengan tiga pertandingan tersisa.

Tena, yang merupakan asisten de la Torre yang sarat pengalaman, memahami benar betapa seriusnya situasi ini, dan menyuarakan keyakinan kepada para pemainnya.

Meksiko merupakan juara bertahan Olimpiade dan telah berpartisipasi di Piala Dunia sebanyak 13 kali, dan belum pernah absen di putaran final sejak 1990.

Bintang-bintang seperti Gio dos Santos dan Javier "Chicharito" Hernandez akan harus berjuang keras untuk menaklukkan situasi berat di Columbus.

"Ini merupakan tanggung jawab hebat untuk diambil," kata Tena, yang secara resmi hanya ditunjuk menjadi pelatih timnas pada Selasa, di mana para ofisial federasi menolak untuk mengatakan apakah ia akan tetap berada di posisi tersebut untuk dua pertandingan menentukan pada Oktober melawan Panama dan Kosta Rika.

"Tentu saja ini bukan kondisi terbaik untuk mengambil alih tim."

AS yang dilatih Jurgen Klinsmann juga baru saja menelan kekecewaan, saat kalah 1-3 di Kosta Rika pada Jumat yang mengakhiri laju 12 kemenangan berturut-turut mereka.

Kemenangan itu membuat Kosta Rika memuncaki klasemen dengan koleksi 14 angka, unggul satu angka atas AS, yang menunda lolosnya mereka.

Mereka akan berusaha bangkit meski tidak diperkuat para pencetak gol Jozy Altidore, Matt Besler, Geoff Cameron, dan Michael Bradley.

Altidore, Besler, dan Cameron mendapatkan kartu kuning kedua di San Jose pada Jumat dan akan menjalani skorsing satu pertandingan, sedangkan gelandang kunci Bradley harus absen karena mengalami terkilir para pergelangan kakinya pada pemanasan pra pertandingan di Kosta Rika.

Pada Sabtu, Klinsmann menambah empat pemain di timnya, gelandang Club Tijuana Joe Corona, gelandang Houston Dynamo Brad Davis, bek San Jose Earthquakes Clarence Goodson, dan gelandang Tigre Jose Torres.

Namun pria Jerman itu mengatakan kekalahan di Kosta Rika tidak mengubah pendekatannya terhadap pertandingan melawan musuh bebuyutan Meksiko.

"Kami tahu jika kalah pada pertandingan ini, maka Kosta Rika akan berada di peringkat pertama," kata Klinsmann. "Kami tahu ini akan sangat ketat sampai pertandingan-pertandingan terakhir. Kami memerlukan setidaknya empat angka lagi untuk lolos. Kami akan mendapatkan empat angka itu."

Kosta Rika akan berusaha mengokohkan posisi mereka saat mereka melawat ke markas Jamaika, yang belum memenangi pertandingan dan hanya mengumpulkan tiga angka dari tiga kali seri.

Honduras - yang naik ke peringkat ketiga dengan sepuluh angka, tertinggal tiga angka di belakang AS dan unggul dua angka atas Meksiko - berkat kemenangan mereka di Mexico City, berikutnya mereka akan menjamu Panama.

Panama, yang menghuni peringkat kelima dengan tujuh angka, menyia-nyiakan peluang emas pada Jumat ketika mereka hanya bermain imbang 0-0 saat menjamu Jamaika meski bermain melawan sepuluh pemain pada 30 menit terakhir, demikian AFP.

(H-RF/I015)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013