Saya mencetak banyak hatrik untuk Real Madrid namun tidak pernah sama sekali untuk Portugal. Ini adalah pertandingan istimewa, saya merasa benar-benar bahagia
Belfast (ANTARA News) - Tiga gol atau hatrik Cristiano Ronaldo membawa Portugal menang 4-2 atas Irlandia Utara. Dalam laga itu, tiga pemain diusir keluar lapangan pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia grup F di Belfast pada Jumat (Sabtu dini hari WIB).

Tiga gol Ronaldo, dua dari tandukan kepala dan satu dari tendangan bebas, membuat Portugal kembali memuncaki klasemen Grup F dan membuat dirinya menjadi pencetak gol terbanyak peringkat kedua untuk negaranya dengan mengemas 43 gol, unggul atas Eusebio yang tercatat mencetak 41 gol.

"Ini merupakan hal bersejarah bagi saya. Saya mencetak banyak hatrik untuk Real Madrid namun tidak pernah sama sekali untuk Portugal. Ini adalah pertandingan istimewa, saya merasa benar-benar bahagia," kata Ronaldo kepada televisi Portugal RTP sambil memegang bola pertandingan.

Tim tamu menjadi favorit pada pertandingan ini namun Irlandia Utara, yang menahan Portugal 1-1 di Porto pada tahun lalu dan mengejutkan Rusia 1-0 di Belfast bulan lalu, terbukti merupakan lawan yang tangguh.

"Kami mendapat banyak kesulitan, khususnya pada babak pertama. Namun kami bangkit bersama dan upaya kami menuai hasil pada akhirnya," kata bek tengah Bruno Alves kepada RTP.

Portugal awalnya kesulitan menerobos pertahanan Irlandia Utara dan memerlukan aksi brilian dari Alves untuk memecah kebuntuan.

Irlandia Utara merepotkan pertahanan Portugal dengan melepas erangkaian umpan panjang dan mendapat dukungan penuh dari para penonton di Windsor Park.

Tuan rumah terus menekan dan mendapatkan hasilnya sebelum turun minum, ketika bek tengah Gareth McAuley melompat melewati pertahanan Potugal dan menyamakan kedudukan dengan sundulan dari tendangan sudut.

Portugal mendapat pukulan keras sebelum turun minum, ketika Helder Postiga mendapat kartu merah karena menanduk McAuley.

Penyerang Jamie Ward melengkapi rasa duka Portugal dengan menuntaskan kemelut di mulut gawang pada menit ke-52 setelah tendangan sudut lainnya.

Portugal kembali ke pertandingan ketika Kevin Brunt mendapat kartu kuning kedua dan juga diusir keluar lapangan, sehingga pertandingan berlangsung dengan sepuluh melawan sepuluh pemain.

Ronaldo menanduk tendangan sudut lainnya untuk mengubah skor menjadi 2-2 dengan pertandingan tinggal menyisakan 20 menit, dan satu gol lagi untuk membawa Portugal unggul pada menit ke-77.

Pemain Irlandia Utara Kyle Lafferty mendapat kartu merah sebelum Ronaldo melengkapi trigolnya dengan tendangan bebas, dan membuat dirinya berhak membawa pulang bola pertandingan.

"Rekor Eusebio bukan fokus utama. Melewati dirinya di daftar pencetak gol merupakan hal alami yang terjadi dan itu hanya masalah waktu, namun tetap saja, saya benar-benar bangga dapat menyamai dirinya," kata Ronaldo.

Rival portugal di grup ini Rusia menang 4-1 atas Luxemburg pada Jumat dan menduduki peringkat kedua, mengoleksi 15 angka dengan satu pertandingan yang belum dimainkan. Portugal, dengan 17 angka, akan menjamu Israel dan Luksemburg pada dua pertandingan kualifikasi terakhir pada Oktober.

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2013