Jambi (ANTARA News) - Hujan lebat di Kota Jambi pada Kamis sejak pukul 16.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB menyebabkan sejumlah rumah di beberapa kawasan di kota itu terendam.

Sebuah masjid di kawasan Sungai Putri, Telanai, bahkan ikut terendam, meski air dengan cepat menyurut.

"Tadi sekitar pukul 5.00 sore, masjid di Sungai Putri ini terendam air. Belum pernah ada kejadian ini sebelumnya, mungkin karena ada galian saluran air yang belum selesai di atasnya yang membuat air masuk ke masjid," kata Yadi, warga sekitar.

Puluhan rumah di RT 01 Kelurahan Pakuan Baru, Jambi Selatan juga terendam air hingga setinggi lutut orang dewasa.

Zakaria, warga setempat mengatakan, daerah tersebut memang biasa terendam air karena posisinya rendah, namun banjir kali ini cukup besar.

"Mungkin karena hujan yang sangat lebat dan cukup lama," katanya.

Sebuah sekolah dasar (SDN) 185 Kota Jambi yang berada di Pakuan Baru itu juga terendam, padahal bangunan sekolah sudah tinggi dan kelilingnya sudah dipasang beton.

"Air tidak dapat dibendung lagi, karena hujan yang sangat lebat sejak pukul 16.00 WIB sore tadi," kata Zakaria lagi.

Di kawasan STM Atas Kota Jambi, sejumlah rumah juga mengalami banjir. Air sudah masuk sampai ke ruang depan, utamanya rumah warga yang berada di pinggir sungai (parit).

Bukan hanya rumah, sejumlah jalan utama di kota itu juga terendam air, seperti di Jalan Patimura dan Kolonel Adbunjani, sehingga kendaraan yang lewat memperlambat laju dan sejumlah sepeda motor mengalami mogok dan memacetkan arus lalu lintas.

Hujan ternyata tidak saja terjadi di Kota Jambi, tapi juga terjadi disejumlah kabupaten dan kota lainnya di daerah tersebut seperti di kawasan Mendalo, Jambi Luar Kota, Kabupaten Muaro Jambi.

Belum ada keterangan resmi dari Pemerintah Jambi terkait banjir ini, sebab hingga pukul 19.00 WIB malam ini, hujan masih turun meski intensitasnya agak berkurang dari siang tadi.

Sebelumnya, pada Rabu (4/9), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Provinsi Jambi memprakirakan akan terbentuk peningkatan aktivitas awan tebal di wilayah Jambi, yang diikuti dengan turun hujan.

BMKG Jambi menyebutkan dari hasil pantauan citra radar cuaca, akan terjadi peningkatan aktivitas pembentukkan awan hujan di wilayah Jambi yang berpotensi terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang.

Kondisi seperti ini diperkirakan akan berlangsung pada waktu sore hingga malam hari, untuk itu kepada seluruh masyarakat untuk bisa waspada dalam beraktivitas.

Pewarta: Nurul Fahmy
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013