Potensi ekonomi Tapanuli Tengah luar biasa jika dikelola secara baik,"
Tapanuli Tengah, Sumut (ANTARA News) - Meneng BUMN Dahlan Iskan menyatakan rasa optimistisnya bahwa potensi ekonomi Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara akan kembali bangkit karena didukung letak geografis dan sumber daya alam yang sangat menjajikan.

"Potensi ekonomi Tapanuli Tengah luar biasa jika dikelola secara baik," katanya pada acara Kenduri Laut dalam rangka menyemarakkan Hari Jadi ke-68 Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), di Pantai Pandan Kalangan, Sabtu.

Ia menjelaskan, wilayah Tapteng dengan garis pantai sepanjang hampir 200 kilo meter yang berhadapan langsung dengan Samudera Indonesia sangat memungkinkan disinggahi kapal besar karena perairan lautnya relatif dalam.

Apalagi, lanjutnya, pelabuhan pantai timur Sumut ke depan relatif sulit melayani kapal besar karena perairan lautnya relatif dangkal.

Potensi geografis Tapteng itu, kata dia, didukung pula dengan kondisi lahan yang subur serta potensi ekonominya di sektor kelautan dan pariwisata.

Dahlan mengaku mengetahui lebih banyak keanegaraman kekayaan potensi ekonomi dan budaya Tapteng setelah menonton film "Mursala", dua kali berkunjung ke daerah itu serta sering berdialog dengan para pejabat dan tokoh masyarakat maupun para perantau dari daerah itu.

Sebelum akhir Abad XIX, menurutnya, Tapteng termasuk salah satu pusat pertumbuhan ekonomi yang maju di Sumatera, karena kawasan pantai baratnya ramai disinggakhi kapal asing.

Bahkan, lanjut Dahlan, para penyebar ajaran agama Islam dan Kristen masuk ke Sumatera Utara juga pertama kali melalui pesisir Tapteng.

"Kabupaten ini (Tapteng) potensial untuk maju jika sumber daya alam yang tersedia bisa dikelola secara maksimal," ujarnya.

Dahlan dalam acara yang dihadiri ribuan warga masyarakat dan tokoh masyarakat asal Tapteng tersebut, memuji kegigihan Bupati Tapanuli Tengah Raja Bonaran Situmeang yang terkesan tidak kenal lelah membenahi berbagai sarana infrastruktur untuk kepentingan masyarakat setempat.

Meneg BUMN juga berjanji akan terus berupaya memfasilitasi dan mendukung program percepatan pembangunan yang selama dua tahun terakhir giat dilaksanakan Pemkab setempat.

Dahlan mengaku turut berperan dalam kebijakan pengoperasian pesawat Garuda Indonesia rute Tapanuli Tengah-Batam- Kepulauan Riau.

Maskapai penerbangan Garuda Indonesia direncanakan mengoperasikan pesawat baru jenis Boeing untuk rute Bandara Dr. FL Tobing Pinang Sori Tapteng tujuan Batam pergi pulang mulai pekan pertama September 2013.
(KR-JRD/Z003)

Pewarta: Juraidi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013