Pontianak (ANTARA News) - Jembatan Kapuas I yang semula ditutup untuk arus lalu lintas kendaraan kini dapat dilalui termasuk oleh kendaraan roda empat dan enam.

Pantauan di Jembatan Kapuas I Pontianak, Sabtu pukul 06.00 WIB, tidak terlihat adanya pelarangan terutama untuk kendaraan roda empat ke atas.

Padahal Kepala Polresta Pontianak Kombes Hariyanta sebelumnya mengatakan untuk roda dua dapat melalui jembatan tersebut.

"Sedangkan roda empat ke atas, masih menunggu sampai ada jawaban dari ahli," kata Hariyanta beberapa jam sebelumnya.

Tim dari Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalbar rencananya akan melihat kondisi jembatan secara menyeluruh pada Sabtu pagi.

Hariyanta mengatakan, kondisi jembatan itu secara kasat mata ada satu bagian dari puluhan penopang atau pelindung utama tiang yang hilang saat ditabrak tongkang pada Jumat (30/8) pukul 19.24 WIB.

"Namun tidak ada perubahan yang signifikan kalau dilihat langsung," ujarnya.

Ia juga mempersilahkan Pemprov Kalbar untuk membuat laporan ke kepolisian terkait peristiwa itu. "Nahkoda juga siap dimintai keterangan oleh kami," kata Hariyanta.

Berdasarkan keterangan awal nahkoda, saat kejadian arus sungai terpanjang di Indonesia itu sangat deras sehingga kemungkinan tongkang tak terkontrol. Tongkang tersebut mengangkut sekitar 5.000 kubik bauksit dari Tayan, Kabupaten Sanggau.

(T011/S004)

Pewarta: Teguh I Wibowo
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013