Masyarakat internasional harus mencari upaya balasan sesuai dengan keadaan,"
Paris (ANTARA News) - Rencana Barat melakukan tindakan balasan terhadap Suriah atas dugaan serangan senjata kimia penguasa itu sulit untuk dilakukan, kata juru bicara Pemerintah Prancis pada Kamis.

"Masyarakat internasional harus mencari upaya balasan sesuai dengan keadaan," kata Najat Vallaud-Belkacem kepada televisi France 2.

Dia mengatakan bahwa "perlu untuk memperoleh dukungan dari beberapa sekutu dan mitra di jantung Dewan Keamanan PBB, yang kami sedang coba lakukan" tetapi menambahkan bahwa "negara-negara seperti Rusia dan Cina menimbulkan sejumlah masalah."

Tujuan dari aksi militer "tidak akan hanya untuk menghukum rezim Suriah dan mencegahnya dari melakukan serangan baru sejenis ... tetapi juga untuk mencari jalan keluar dari krisis ini. "

"Ini sangat penting bagi masyarakat internasional jika mereka melakukan intervensi untuk melakukannya dengan cara yang memungkinkan negara yang bersangkutan bisa pulih. "

Komentarnya dikeluarkan setelah Presiden AS Barack Obama, yang telah memperingatkan bahwa rezim Suriah Bashar al-Assad telah melintasi "garis merah" jika menggunakan senjata kimia. Namun Obama mengatakan ia belum mengambil keputusan tentang serangan balasan.

Inggris telah mendorong anggota tetap Dewan Keamanan PBB untuk mengadopsi resolusi yang akan mencantumkan langkah-langkah untuk melindungi warga sipil di Suriah.

Namun Rusia menolak untuk menyetujui resolusi itu dan kebuntuan diplomatik terus berlanjut.

Suriah membantah telah menggunakan senjata kimia dan menyalahkan pihak oposisi atas serangan 21 Agustus di pinggiran Damaskus, demikian AFP.

(G003)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013