Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPR RI Marzuki Alie mengakui DPR RI menghadapi tantangan berat di masa mendatang, tetapi tetap diharapkan  berbuat banyak dan positif bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

"DPR RI saat ini masih banyak mendapat kritik dari masyarakat, karena ada anggotanya yang terkait persoalan hukum," kata Marzuki Alie pada rapat paripurna peringatan ulang tahun ke-68 DPR RI di Jakarta, Kamis.

Marzuki berharap peringatan ulang tahun DPR RI ke-68 menjadi momentum untuk refleksi dan evaluasi atas dinamika, kinerja,  serta kiprah anggota lembaga legislatif yang merupakan cermin rakyat Indonesia.

Pada usia DPR RI menjelang tujuh dasawarsa, menurut Marzuki, para anggota dewan mestinya bisa menjaga fungsinya sebagai lembaga legislatif, sesuai dengan rencana strategis 2010-2014, dan menjadi wakil yang kredibel dalam mengemban tanggung jawab mewujudkan masyarakat adil dan makmur.

"Kami memandang bahwa menjaga kepercayaan masyarakat sangat penting karena dapat memotivasi kerja wakil rakyat untuk bekerja lebih efektif, aspiratif, produktif, dan bertanggung jawab," kata Marzuki.

Sementara Wakil Ketua DPR RI Priyo Budi Santoso menilai fungsi pengawasan paling menonjol dibandingkan dua fungsi lain DPR, yaitu fungsi legislasi, dan anggaran. "Ini luar biasa," ujarnya.

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013