Prajurit asing yang tewas di Afghanistan tahun ini berjumlah 121.
Kabul (ANTARA News/Xinhua-OANA) - Seorang prajurit Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) tewas pada Rabu (28/8) saat serangan terkoordinir Taliban di Provinsi Ghanzi, timur Afghanistan, demikian pernyataan Pasukan Bantuan Keamanan Internasional (ISAF), Kamis pagi.

"Pasukan musuh melancarkan serangan bunuh diri satu pangkalan operasi depan di Afghanstain Timur kemarin dengan penggunaan peledak rakitan yang dibawa di dalam kendaraan, tembakan tak langsung senjata ringan yang menewaskan seorang anggota ISAF," jelasnya.

ISAF tidak mengungkapkan kewarganegaraan prajuritnya yang menjadi korban, karena ada larangan internal. Tentara internasional yang bergabung di ISAF kebanyakan anggota NATO, terutama dari Amerika Serikat (AS) dan Polandia.

Gerilyawan Taliban, yang diduga berjumlah empat sampai enam orang, melancarkan serangan terkoordinasi terhadap pangkalan di Kota Ghazni, Ibu Kota Provinsi Ghazni, yang berada 125 kilometer di selatan Ibu Kota Afghanistan, Kabul, pada siang hari.

Pada Rabu kenarin juga dilaporkan ada empat warga sipil Afghanistan dan seorang prajurit asing tewas dan 15 warga sipil cedera dalam pemboman mobil bunuh diri terhadap rombongan kendaraan ISAF di Provinsi Helmand, Afghanistan Selatan, sekitar 555 kilometer di barat-daya Kabul.

Prajurit asing yang tewas di Afghanistan tahun ini berjumlah 121.
(Uu.C003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2013