London (ANTARA News) - Lukas Podolski mencetak dua gol saat Arsenal memperbaiki awal musim mereka di Liga Utama Inggris pada Sabtu melalui kemenangan 3-1 atas Fulham di Craven Cottage.

Pasukan Arsene Wenger takluk dari Aston Villa di kandang sendiri pada hari pembuka musim, namun mereka menang 3-0 atas Fenerbahce pada tengah pekan di pertandingan playoff Liga Champions pertamanya dan memanfaatkan momentum itu pada pertandingan Sabtu.

Hujan deras di London Barat memperburuk permukaan lapangan, namun itu tidak menghentikan Arsenal membuka keunggulan pada menit ke-14 ketika Olivier Giroud meneruskan tembakan mendatar dari Aaron Ramsey dan menyepak bola melewati kiper Fulham David Stockdale.

Podolski mengubah skor menjadi 2-0 empat menit sebelum turun minum ketika ia melepaskan tembakan setelah Stockdale menggagalkan upaya Theo Walcott, dan penyerang Jerman itu mengunci kemenangan timnya pada menit ke-68 saat ia menerima operan dari Santi Cazorla dan menembakkan bola ke sudut kanan bawah.

Darren Bent mencetak gol hiburan untuk tuan rumah pada menit ke-77, menyambar umpan silang mendatar dari Dimitar Berbatov untuk menandai debutnya dengan gol menyusul kepindahannya dengan status pinjaman dari Villa.

"Tidak pernah mudah untuk bermain tandang atau menang pada pertandingan tandang, dan kami melakukannya dengan cara yang meyakinkan," kata pelatih Arsenal Wenger kepada BT Sport.

"Kami mendapat hasil yang mengecewakan saat melawan Villa dan itu penting untuk direspon, dan kami memiliki dua kemenangan meyakinkan, pertama saat melawan Fenerbahce, dan hari ini kembali melakukannya di sini."

Penyerang Daniel Sturridge mencetak gol kedelapannya dalam tujuh pertandingan terakhirnya di liga untuk memberi Liverpool kemenangan 1-0 atas Aston Villa di Villa Park.

Pemain internasional Inggris itu mencetak satu-satunya gol pada pertandingan pembuka musim Liverpool saat Si Merah menang 1-0 atas Stoke City dan ia mengulangi hal itu dengan penyelesaian rapi pada menit ke-21.

Jose Enrique mengirim umpan dari kiri yang dibiarkan oleh Philippe Coutinho dan Sturridge merangsek di antara dua pemain bertahan Villa sebelum mengecoh kiper Brad Guzan dan menyepak bola ke gawang.

Peluang terbaik Villa untuk menyamakan kedudukan dimiliki Christian Benteke, namun sepakan setengah voli pemain Belgia itu dapat ditepis kiper Liverpool Simon Mignolet.

"Babak kedua, tentu saja Anda mengharapkan sedikit lebih banyak tekanan dari mereka, dan Simon melakukan sepasang penyelamatan mengagumkan. Ini adalah mengenai tiga angka pada hari ini dan kami mendapatkan tiga (angka)," kata pelatih Liverpool Brendan Rodgers kepada Sky Sports.

"Sejak Januari kami membaik dan terus membaik. Kami akan bermain lebih baik daripada yang kami lakukan pada hari ini, namun apa yang penting sekarang adalah mentalitas grup untuk meraih kemenangan, dan menang bersama-sama."

"Ini hanyalah dua pertandingan pertama, namun kami telah memperlihatkan banyak tanda yang benar-benar bagus dan kami perlu mempertahankannya."

Di tempat lain, Stoke bangkit dari ketinggalan untuk menggagalkan tim promosi Crystal Palace mendapatkan angka-angka pertama mereka di musim ini melalui kemenangan 2-1 di Stadion Britannia.

Marouane Chamakh mengecoh Robert Huth untuk membawa Palace memimpin pada menit ke-31 dengan gol liga perdananya sejak September 2011, namun dua gol dalam rentang waktu empat menit di babak kedua dari Charlie Adam dan Ryan Shawcross memberi tiga angka pada Stoke di pertandingan kandang perdana pelatih Mark Hughes.

Hull City jauh lebih baik dibandingkan sesama tim promosi mereka, dengan penalti Robby Brady pada menit ke-22 yang sudah cukup untuk mengamankan kemenangan 1-0 di kandang dari Norwich City meski pemain rekrutan baru Yannick Sagbo mendapat kartu merah di babak pertama karena berseteru dengan Russell Martin.

"Anak itu konyol - itu mengeluarkan banyak darah," kata pelatih Hull Steve Bruce.

"Ia melakukan hal yang bodoh, namun kami dapat mengatasinya pada hari ini."

Gol pada menit ke-88 yang dibukukan bek tengah Jose Fonte membuat Southampton bermain imbang 1-1 di kandang sendiri dengan Sunderland, yang unggul terlebih dahulu pada menit ketiga melalui tandukan mantan gelandang Juventus Emanuele Giaccherini.

Pelatih Everton Roberto Martinez harus puas dengan hasil imbang 0-0 di pertandingan kandang kompetitif pertamanya, ketika West Bromwich Albion mencuri satu angka dari Goodison Park meski tidak diperkuat Nicolas Anelka.

"Kami memiliki peluang-peluang untuk memenangi pertandingan, kami layak menang, dan kami layak mendapat tiga angka. Kami mengagumkan pada pergerakan tanpa bola," kata Martinez.

Newcastle United kembali tidak memasukkan target Arsenal Yohan Cabaye di tim mereka, saat mereka ditahan imbang 0-0 di kandang sendiri oleh West Ham United.

Pada Minggu, Manchester City bertandang ke markas Cardiff City dan Tottenham Hotspur menjamu Swansea City, sebelum pertandingan dua tim papan atas pertama musim ini berlangsung pada Senin, ketika Chelsea yang dilatih Jose Mourinho melawat ke markas tim juara musim lalu Manchester United.

(H-RF/I015)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013