Jakarta (ANTARA News) - Duta Besar (Dubes) Jepang untuk Indonesia Yoshinori Katori mengundang Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) menyaksikan pertandingan sumo yang akan berlangsung pada 24-25 Agustus mendatang di Senayan, Jakarta.
 
"Pertandingan sumo ini merupakan eksibisi dalam rangka memperingati hubungan diplomatik antara Jepang dan Indonesia yang sudah berlangsung selama 55 tahun," kata Yoshinori Katori usai bertemu Jokowi di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan, Indonesia dipilih menjadi tempat pertandingan Sumo di luar Jepang yang pertama karena memiliki kedekatan hubungan diplomatik dan sejarah dengan Jepang.

"Semoga pertandingan ini bisa mempererat hubungan antara Jepang dan Indonesia," katanya.

Jokowi mengaku salut dengan kemampuan masyarakat Jepang dalam menjaga dan melestarikan budaya yang sudah berusia ratusan tahun tersebut.

"Sumo bukan sekedar olahraga, tapi ada juga unsur upacara sakralnya. Sumo sudah berusia ratusan tahun, dan saya salut dengan masyarakat Jepang karena mampu membuatnya tetap lestari. Kemungkinan, saya akan datang hari Minggu (25/8) nanti," katanya.

Ia juga berencana mengajak pelajar di Jakarta menyaksikan pertandingan gulat tradisional Jepang itu.

"Kalau untuk mencoba pertandingan itu, saya rasa tidak bisa, tidak mungkin, olahraga ini sakral, pasti ada aturannya. Bahkan, aturan untuk penonton pun pasti ada. Tapi, nanti kami akan bawa pelajar untuk nonton pertandingan ini," ungkap Jokowi.

Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013