Jakarta (ANTARA) - Kepolisian mengingatkan pentingnya peran Dai Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) dalam menjaga kerukunan warga, terlebih menjelang Pemilu 2024.

"Dai Kamtibmas ini diharapkan mengajak masyarakat menjaga persatuan dan kerukunan antarsesama terlebih saat ini kita telah masuk fase inti pesta demokrasi," kata Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Polisi M Syahduddi dalam pengukuhan Pengurus Dai Kamtibmas Polsek Cengkareng periode 2024 - 2029, Kamis.

Adapun acara bertajuk "Membangun Sinergi Ulama dengan Umara untuk merawat kerukunan dan kedamaian masyarakat guna mendukung Kamtibmas yang kondusif Jelang Pemilu 2024" tersebut dilaksanakan di salah satu hotel di wilayah Cengkareng.

Baca juga: Polisi ajak warga tetap jaga persatuan walau beda pilihan politik

Syahduddi juga mengajak masyarakat untuk tetap menjaga kerukunan meskipun memiliki pilihan politik yang berbeda.

"Tidak bisa dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat hanya mengandalkan TNI-Polri saja, tapi ini merupakan tugas kita bersama sehingga terciptanya wilayah yang aman dan kondusif," kata Syahduddi.

Dia menyoroti peran Dai Kamtibmas dalam bekerjasama dengan seluruh pemangku kebijakan untuk mengedukasi, membimbing dan menuntun masyarakat.

"Keberagaman pilihan politik adalah hak demokratis setiap warga negara dan hal tersebut tidak seharusnya memecah-belah persatuan dan kesatuan masyarakat," ujar Syahduddi.

Baca juga: Polres Jakbar gandeng Dai Kamtibmas jaga kondusivitas jelang pemilu

Sebelumnya, Syahduddi mengatakan bahwa jika menemukan gangguan keamanan atau hal-hal yang mencurigakan, warga diminta segera menghubungi kepolisian terdekat.

"Kami siap melayani 24 jam demi kenyamanan dan keamanan bersama," kata Syahduddi pada Rabu (10/1).

Pihaknya juga menekankan peran Satuan Keamanan Keliling (Satkamling) dalam menjaga keamanan lingkungan.

"Harapannya sinergi antara aparat kepolisian dan masyarakat dapat terus ditingkatkan demi menciptakan lingkungan yang aman, nyaman dan damai," kata Syahduddi.

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024