Jakarta (ANTARA) - Calon Presiden (Capres) RI Anies Baswedan mengatakan bahwa tema debat capres ketiga adalah sangat mendasar dan penting bagi seluruh rakyat Indonesia.

"Tema ini (debat ketiga) adalah tema tentang posisi kita Indonesia di mata dunia," kata Anies di Jakarta, Minggu.

Anies mengatakan bahwa pada debat ketiga Pilpres 2024 yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) merupakan hal yang mendasar juga penting yaitu terkait keamanan.

Menurut dia, untuk persiapan terkait tema debat yaitu dengan banyak baca, konsultasi, dan juga istirahat yang cukup, sehingga ketika debat nanti bisa lebih baik.

"Bismillah, kita tukar pikiran. Jadi kami senang sekali bisa untuk diskusi, dan mudah-mudahan diskusinya seru," tuturnya.

Ia menambahkan bahwa Indonesia jangan hanya sebagai penonton di tatanan global, namun harus ikut serta mewarnai, karena pendahulu bangsa ini semua dapat mengambil bagian pada tatanan global.

"Bukan saja pribadi yang dihormati di dalam negeri, tetapi pribadi yang namanya menjadi rujukan di Asia dan di dunia. Diskusi itu seru apalagi tema ini menjadi perhatian, dari mulai di Eropa, Timur Tengah dan Asia Tenggara," katanya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga pasangan capres-cawapres peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Selepas debat pertama pada 12 Desember 2023 dan debat kedua pada 22 Desember 2023, KPU menggelar debat ketiga yang mempertemukan para capres.

Tema debat ketiga meliputi pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.

Baca juga: Pendukung Prabowo-Gibran datang ke Istora Senayan tanpa yel-yel

Baca juga: Prabowo-Gibran berangkat dari rumah Kartanegara menuju arena debat

Baca juga: Ketua Bara JP: Pilpres satu putaran hemat biaya dan cegah polarisasi

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024