Rata-rata cuti bersama akan berakhir pada Senin pagi."
Bekasi (ANTARA News) - Satuan Lalu Lintas Polresta Bekasi Kota, Jawa Barat, memprediksi arus balik pemudik bersepeda motor jarak jauh akan melintasi wilayah setempat pada Minggu (11/8) dini hari.

"Kami perkirakan puncak arus balik akan berlangsung mulai Minggu pukul 03.00 hingga Senin (12/8) dini hari," ujar Wakil Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Bekasi Kota, AKP Mustamal, di Bekasi, Sabtu malam.

Menurut dia, ratusan ribu kendaraan yang didominasi motor dari daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur akan melintasi jalur mudik utama Kota Bekasi yakni Jalan Chairil Anwar-M Hasibuan-KH Noer Alie untuk kembali ke rutinitas kerja mereka mulai Senin pagi.

"Rata-rata cuti bersama akan berakhir pada Senin pagi," katanya.

Prediksi itu, kata dia, didasari atas pengalaman arus balik pada Lebaran tahun sebelumnya di mana pemudik jarak jauh mulai melakukan perjalanan malam hari.

"Biasanya pemudik jarak jauh mulai melakukan perjalanan kembali ke kota menjelang malam hari. Bila perjalanan rata-rata delapan jam, maka mereka tiba di Bekasi pada Minggu dini hari," katanya.

Namun bagi pemudik yang masih ingin menghabiskan akhir pekan bersama keluarga di kampung halaman, kata dia, diperkirakan mereka akan tiba di Bekasi pada Senin dini hari.

"Kehadiran pemudik jarak jauh di Bekasi akan terlihat dari barang bawaan mereka berupa oleh-oleh khas jalur Pantura seperti kerupuk krismon yang berwarna merah atau kuning," katanya. (*)

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013