... rata-rata sepi penumpang... "
Pontianak (ANTARA News) - Puncak arus balik Lebaran 2013, di Kalimantan Barat, diperkirakan terjadi pada Minggu besok (11/8). Arus balik di sana itu dari arah pantai utara Provinsi Kalimantan Barat, seperti dari Sambas, Kota Singkawang dan Bengkayang.

Kepala Terminal Batu Layang Pontianak, Burhan, di Pontianak, menyatakan, "Dari sekitar 25 bus antarkota yang turun dari Pontianak tujuan pantura dan sebaliknya, rata-rata sepi penumpang."

Ia menjelaskan, rata-rata bus hanya membawa lima sampai 10 penumpang dari kapasitas bus sekitar 25 hingga 30 penumpang.

"Puncak arus balik pada Lebaran keempat, dengan berakhirnya cuti bersama Lebaran, karena Senin (12/8) pegawai negeri sipil sudah mulai masuk kerja," ungkapnya.

Dia menyatakan, sepinya penumpang di terminal itu, karena sebagian besar pemudik dan balik Lebaran terutama tujuan dan dari pantai utara Kalbar, rata-rata menggunakan kendaraan pribadi, baik kendaraan roda dua dan empat.

Sebelumnya, Nurhasanah salah seorang pemudik dari Ketapang tujuan Sambas menyatakan, dia dan keluarganya mudik ke kampung halamannya menggunakan kendaraan roda empat.

"Kalau mudik menggunakan kendaraan pribadi, maka kendaraan itu nantinya bisa digunakan untuk jalan-jalan," ujar ibu tiga anak tersebut.

Nurhasanah menambahkan, hampir setiap kali mudik Lebaran dia dan keluarganya menggunakan kendaraan pribadi, baik roda dua dan empat.

Pewarta: Andilala
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013