Cilacap (ANTARA News) - Suasana lembaga pemasyarakatan (lapas) di Pulau Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, pada hari pertama Lebaran, Kamis, tampak sepi pembesuk.

Dari pantauan di Dermaga Wijayapura, Cilacap, suasana tempat penyeberangan menuju Nusakambangan tersebut tampak sepi, dan tidak ada kesibukan petugas yang melayani pembesuk napi di seluruh lapas yang ada di pulau itu.

Penyeberangan dari Dermaga Wijayapura menuju Dermaga Sodong di Pulau Nusakambangan, dan sebaliknya, hanya melayani pegawai lapas hendak bertugas maupun pulang, serta keluarga pegawai lapas yang hendak bersilaturahim pada Hari Raya Idul Fitri 1434 Hijriah.

Salah seorang personel Satuan Tugas Keamanan dan Ketertiban Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Provinsi Jawa Tengah yang bertugas di Pos Dermaga Wijayapura, Nurdianto mengatakan bahwa berdasarkan surat edaran yang ditandatangani Koordinator Lapas se-Nusakambangan dan Cilacap, P Kunto Wiryono, tidak ada besukan bagi napi pada hari pertama lebaran.

Menurut dia, hal itu disebabkan adanya acara silaturahim antara pegawai dengan para kepala lapas.

"Besukan baru dibuka pada hari Jumat (9/8) hingga Kamis (15/8), pukul 09.00--14.00 WIB. Hari Minggu (11/8) tidak ada besukan karena libur," katanya.

Ia mengatakan bahwa besukan dalam rangka lebaran itu setiap harinya dibuka untuk seluruh lapas.

Setelah masa lebaran, kata dia, jadwal besukan kembali seperti semula, yakni pada hari Senin sampai Kamis, pukul 09.00--14.00 WIB.

Dalam hal ini, besukan hari Senin dan Rabu untuk Lapas Batu, Lapas Besi, dan Lapas Narkotika.

Sementara hari Selasa dan Kamis untuk Lapas Kembang Kuning, Lapas Permisan, dan Lapas Pasir Putih.

"Tadi ada beberapa keluarga napi yang hendak membesuk, tapi mereka pulang lagi karena khusus hari ini tidak ada jadwal besukan," katanya.

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013