Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Senin, berkunjung ke Terminal AntarKota AntarPropinsi Kampung Rambutan guna memantau arus mudik dari terminal seluas 14 hektare tersebut.

Presiden SBY yang didampingi Wakil Presiden Boediono, Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono, Kapolri Timur Pradopo tiba di Terminal Kampung Rambutan pada pukul 13.40 WIB, padahal rombongan dijadwalkan tiba satu jam sebelumnya.

Kedatangan SBY langsung memicu antusiasme para pemudik yang ingin bersalaman dengannya. Rombongan SBY kemudian berkeliling terminal dengan didampingi oleh Kepala Terminal Kampung Rambutan, Dwi Basuki.

SBY juga menyempatkan diri memeriksa kondisi salah satu bus jurusan Jakarta-Tasikmalaya dan berbincang dengan pemudik yang hendak pulang kampung.

Setelah itu Presiden menghampiri posko tes urine bagi para sopir. Posko tersebut sengaja disiapkan untuk mengantisipasi sopir yang menggunakan narkoba atau alkohol.

Sebelum kembali ke kendaraannya, Presiden juga meninjau kondisi loket penjualan tiket yang ada di Terminal Kampung Rambutan.

Kunjungan singkat SBY ke Kampung Rambutan juga diwarnai aksi spontan seorang ibu yang ingin bersalaman dengan presiden, tetapi tidak berhasil dan kemudian berteriak histeris sambil menangis.

SBY yang tadinya akan menaiki kendaraan kemudian berbalik arah dan menghampiri ibu tersebut, namun sang ibu hanya diam ketika ditanya oleh Presiden.

Paspampres dan aparat kepolisian setempat kemudian membawa ibu tersebut ke Pos Polisi, sementara SBY melanjutkan perjalanannya.

Terminal Kampung Rambutan hingga Minggu (4/8) telah memberangkatkan 26.546 pemudik selama sepekan terakhir.

Sebagian besar pemudik yang berangkat dari Terminal Kampung Rambutan berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur, serta sejumlah kecil pemudik tujuan Sumatera.

Pewarta: Panji Pratama
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013