Kota Bandung (ANTARA) - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung menyatakan hanya menutup jalan layang (flyover) Pasupati saat pergantian malam tahun baru 2023 ke 2024, yang mulai diberlakukan pada pukul 23.00 hingga 01.00 WIB.

“Kalau tidak ditutup, ditakutkan banyak kendaraan yang berhenti di sana untuk merayakan malam tahun baru,” kata Kepala Bidang Pengendalian dan Operasional Dishub Kota Bandung, Asep Kuswara saat ditemui di Bandung, Jumat.

Asep menjelaskan pada teknis pelaksanaannya nanti, pihaknya akan menutup akses menuju jalan layang Pasupati pada sejumlah ruas jalan antara lain, Jalan Surapati, Jalan Tamansari, Jalan Cihampelas, Jalan Sukajadi dan Jalan Dr.Djunjunan.

“Kendaraan maupun masyarakat dilarang untuk memasuki jalan layang Pasupati selama waktu yang telah ditentukan pada pukul 23.00 hingga 01.00 WIB,” kata dia.

Baca juga: Menteri Trenggono bagi-bagi ikan gratis jelang libur tahun baru

Baca juga: Wamen BUMN tinjau Pertamina Plumpang pastikan suplai BBM di tahun baru


Dia menambahkan untuk kendaraan yang akan memasuki Kota Bandung dari Tol Pasteur akan dialihkan menuju Jalan Surya Sumantri, Pasir Kaliliki maupun Jalan Sukajadi.

“Untuk kendaraan dari tol kita bisa alihkan ke Jalan Pasirkaliki, bisa ke Sukajadi, bisa ke Jalan Surya Sumantri, bisa itu. Keputusan ini dalam rangka memberikan kenyamanan bagi warga masyarakat,” katanya.

Selain itu, kata Asep, pihaknya juga menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi terjadi lonjakan kendaraan pada malam pergantian tahun baru yang biasa terjadi di titik di Kota Bandung.

“Apabila ada kemacetan, kami kolaborasi dengan kepolisian. Kami sudah menyiapkan pembatas jalan untuk bila mana ada kemacetan secara situasional kami tutup dan kendaraan akan dialihkan,” kata Asep.

Sementara itu, Kepala Bagian Ops Polrestabes Bandung, AKBP Sumari menambahkan pada titik-titik potensi kerawanan juga akan ditingkatkan pengamanan, seperti di Jalan Sukajadi, Setiabudi, Cipaganti,Cihampelas, Dago, Ahmad Yani, dan Cimencrang.

"Personel akan dipertebal pada 11 titik konsentrasi massa salah satunya di flyover Pasupati, Jalan Braga, Asia Afrika, Alun-alun Bandung, dan Ir. Djuanda karena disana pasti ada penumpukan," kata dia.

Untuk mengantisipasi kemacetan di wilayah lain, ujar dia, akan dilakukan pengamanan untuk kedatangan masyarakat dari luar Kota Bandung yang masuk melalui Cibiru, atau wilayah barat dan selatan.

"Sedangkan Jalan Asia Afrika belum ada rencana penutupan. Tapi, berdasarkan laporan Kapolsek Regol, kemungkinan ada penutupan di Jalan Dewi Sartika sampai globe di Jalan Asia Afrika. Itu pun mungkin tidak penuh, hanya situasional. Kita akan buka terus sampai jam peralihan tahun baru," katanya.*

Baca juga: Polda Metro Jaya imbau warga tak konvoi di malam Tahun Baru 2024

Baca juga: 1.000 personel Dishub DKI atur lalu lintas pada malam Tahun Baru 2024


Pewarta: Rubby Jovan Primananda
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023