Bandung (ANTARA News) - Kawasan industri Dayeuhkolot dan Majalaya di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, lengang ditinggal mudik para buruh selama libur bersama menjelang Lebaran.

"Suasana sangat sepi, tidak ada gemuruh mesin lagi. Lumayan selama sepekan lebih telinga ini nyaman tanpa kebisingan mesin pabrik," kata Susi, warga Ciwalengke, Majalaya, Senin.

"Mereka liburan sepekan, juga ada yang lebih lama lagi. Selain pabrik tempat-tempat kost buruh juga lengang ditinggal mudik," tambah dia.

Sebagian pabrik memanfaatkan libur Lebaran untuk melakukan perbaikan dan pemeliharaan mesin, seperti satu pabrik di Jalan Cihaneut, Majalaya.

"Saya tidak mudik Lebaran, kebetulan warga sini (Majalaya). Liburan ini digunakan untuk melakukan maintenance mesin," kata Maman, mekanik pabrik tekstil itu.

Buruh pabrik tekstil di Majalaya sudah mudik secara bergelombang sejak Jumat. Sebagian menggunakan kendaraan umum atau ikut program mudik bersama menggunakan sepeda motor atau bus carteran setelah mendapat Tunjangan Hari Raya.

"Sebagian besar pemudik ke wilayah Priangan dan Jawa Tengah," kata Maman.

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013