Jakarta (ANTARA News) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyatakan tahun ini jumlah pemudik yang menggunakan transportasi kereta api naik 10 persen dari tahun 2012.

Jumlah pemudik yang akan diangkut kereta api sekitar 3,1 juta sampai 3,2 juta penumpang atau naik sekitar 10 persen dibanding tahun lalu yang jumlahnya 2,9 juta penumpang, kata Vice President of Public Relation PT KAI, Sugeng Priyono, di Jakarta, Jumat.

Peningkatan jumlah pemudik yang menggunakan kereta api, menurut dia, antara lain karena tahun ini ada penambahan sampai 40 kereta yang terdiri atas 22 kereta komersial dan 18 kereta ekonomi selain 265 kereta api reguler.

Selain itu, lanjut dia, ada pengoperasian dua kereta baru yakni Krakatau Ekspres dan Tegal Ekspres Lebaran.

Sugeng mengungkapkan jumlah kereta tambahan tahun ini merupakan yang terbanyak dibandingkan dengan jumlah kereta tambahan tahun-tahun sebelumnya.

Ia menambahkan, untuk mendukung kelancaran operasi selama arus mudik dan balik Lebaran perusahaannya juga menambah jumlah lokomotif dan memperbaiki sarana dan prasarana.

"Ada tambahan 34 lokomotif, sehingga jumlah lokomotif menjadi 330 lokomotif untuk melayani arus mudik tahun ini," kata Sugeng.



Pewarta: Joko Suslio
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013