Merak (ANTARA News) - Arus kendaraan pemudik di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, relatif lancar dan belum terlihat penumpukan kendaraan di sekitar areal parkir pelabuhan.

"Selama ini kendaraan pemudik yang hendak naik ke atas kapal berjalan lancar," kata Humas PT Angkutan Sungai Danau Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak, Mario Sardadi Oetomo, di Merak, Jumat.

Ia memperkirakan lonjakan penumpang dan kendaraan di Pelabuhan Merak terjadi pada H-5 dan H-3, seperti tahun-tahun sebelumnya.

Saat ini, kata dia, kendaraan mulai mengantre di Dermaga Pelabuhan Merak, namun belum ada kemacetan.

PT ASDP Merak telah mengoperasikan sebanyak 28 kapal "roll on roll of" atau "roro", sehingga diharapkan tidak terjadi penumpukan kendaraan di Pelabuhan Merak

"Kami terus bekerja keras agar pelayanan penyeberangan Merak-Bakauheni menjadi lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya," katanya.

Menurut dia, pergerakan penumpang dan kendaraan kebanyakan pada malam dan dinihari sehingga pagi dan siang hari kondisi pelabuhan sepi.

ASDP Merak sudah beberapakali mengimbau pemudik agar berangkat pada pagi dan siang untuk mengatasi kemacetan juga kelancaran.

"Kami berharap pemudik yang akan menyeberang ke Pulau Sumatera bisa berangkat pagi dan siang hari," katanya.

Berdasarkan jumlah kendaraan di pelabuhan tercatat 5.680 unit terdiri dari roda dua sebanyak 1.236 unit, roda empat 2.575 unit, bus 362 unit, truk 2.743 unit pada Kamis (1/8).

"Saya kira jumlah kendaraan meningkat dibandingkan hari Rabu (31/7) tercatat 4.758 unit," kata Mario.




Pewarta: Mansyur
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013