Hari ketiga ini jumlah pemohon mencapai 200 orang, kemungkinan jumlahnya akan terus meningkat...
Cianjur (ANTARA News) - Menjelang Idul Fitri 1434 H, bagian pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM) Polres Cianjur, Jabar, mengalami peningkatan jumlah pemohon pembuatan SIM.

Baur SIM Polres Cianjur Aiptu Dede AS, Kamis, mengatakan sejak tiga hari terakhir jumlah pemohon SIM terus meningkat.

"Hari ketiga ini jumlah pemohon mencapai 200 orang, kemungkinan jumlahnya akan terus meningkat hingga H-3 Lebaran," katanya.

Dia menjelaskan, sebagian besar pemohon mengajukan perpanjangan SIM yang akan dipakai untuk keperluan mudik atau kegiatan selama Lebaran dengan persentase mencapai 75 persen, sedangkan sisanya adalah pemohon SIM baru.

"Bukan tradisi tahunan setiap menjelang Lebaran saja peningkatan ini terlihat. Biasanya menjelang akhir tahun pun terjadi peningkatan. Prediksi kami karena pemegang SIM hendak bepergian jauh seperti momen sekarang untuk mudik," ujarnya.

Sejumlah pemohon perpanjangan SIM yang tengah mengantri di loket pelayanan SIM mengaku SIM mereka telah habis masa berlakunya sejak dua bulan yang lalu.

Namun untuk berkendara selama Lebaran, mereka merasa perlu mempepanjang ijin mengemudi tersebut. Terlebih untuk mudik ke kampung halaman dengan kendaraan baik roda dua maupun empat.

"SIM saya sudah habis tiga bulan yang lalu. Karena momennya mau mudik, saya terpaksa perpanjang dulu biar aman di jalan dan tenang selama berkendara," ucap Solehudin (34) salah seorang pemohon SIM A.

Beberapa pemohon lainnya mengaku serupa dengan Solehudin.

Sementara itu, hingga sore menjelang bagian pelayan SIM Polres Cianjur, masih melayani puluhan pemohon yang telah mendaftar dan tinggal menunggu di poto untuk selanjutnya mendapatkan SIM baru.

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013