Balikpapan (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan tujuh daerah (kabupaten/kota) di Provinsi Kalimantan Timur mengalami hujan petir yang dapat disertai angin kencang berdurasi singkat pada Senin (25/12), sehingga semua pihak diimbau waspada terhadap dampaknya.

"Dampak yang bisa ditimbulkan akibat peristiwa ini antara lain jalan licin, sungai meluap, banjir, tanah longsor, dan pohon tumbang," ujar Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan Henu Aulia Zuardi di Balikpapan, Minggu.

Prakiraan cuaca ini pun telah disampaikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota masing-masing, sebagai kesiapsiagaan bencana.

Baca juga: BMKG imbau masyarakat waspada potensi hujan lebat hingga panas terik

Ia menyebutkan tujuh daerah ini adalah Kota Balikpapan, Kota Samarinda, Kabupaten Kutai Barat, Kutai Kartanegara, Mahakam Ulu, Paser, dan Penajam Paser Utara.

Sedangkan tiga daerah lainnya diprakirakan cerah hingga hujan ringan yakni Kota Bontang, Kabupaten Kutai Timur, dan Kabupaten Berau.

Rincian per waktu untuk tujuh daerah yang hujan petir antara lain di Balikpapan diprakirakan terjadi pada Senin (25/12) sekitar pukul 14.00 dan 17.00 Wita di Kecamatan Balikpapan Kota, Balikpapan Barat, Balikpapan Selatan, Balikpapan Tengah, dan Balikpapan Utara.

Baca juga: BMKG: Sebagian cuaca di Banten cerah berawan

Kemudian pukul 20.00 dan 23.00 Wita hujan petir di lima kecamatan, yakni Balikpapan Timur, Balikpapan Barat, Balikpapan Selatan, Balikpapan Tengah, dan Balikpapan Utara.

Di Kota Samarinda, hujan petir diprakirakan terjadi pada Senin (25/12) sekitar pukul 17.00 Wita di empat kecamatan yakni Loa Janan Ilir, Sungai Kunjang, Palaran, dan Samarinda Seberang, pukul 20.00 dan 23.00 Wita hujan petir diprakirakan terjadi di semua kecamatan di Samarinda.

Hujan petir di Kabupaten Kutai Barat diprakirakan terjadi sekitar pukul 11.00 Wita di Kecamatan Damai, pukul 17.00 Wita di Kecamatan Penyinggahan, pukul 20.00 dan 23.00 Wita di Kecamatan Bongan, Muara Pahu, Jempang, Muara Lawa, dan Penyinggahan.

Baca juga: BMKG: Jumlah titik panas di Kaltim menurun, hanya di dua kabupaten

"Di Kabupaten Paser, pada Senin siang hingga Selasa pagi, secara umum mengalami hujan ringan di semua kecamatan, sedangkan kecamatan yang mengalami hujan petir adalah Batu Sopang dan Muara Samu pukul 14.00-17.00 Wita, di Long Ikis, Long Kali, dan Tanjung Harapan pukul 20.00-23.00 Wita," kata Henu.

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023