Dengan adanya ruas Tol Serpong - Cinere yang merupakan bagian dari Jalan Tol JORR 2 dapat membantu dalam mengurai kepadatan lalu lintas di Jalan Tol JORR 1
Jakarta (ANTARA) - PT Jasa Marga (Persero) Tbk., sebagai BUMN yang bergerak di bidang jalan tol, melalui anak usahanya PT Cinere Serpong Jaya (CSJ) mengungkapkan kehadiran ruas Tol Serpong - Cinere dapat membantu mengurai kepadatan lalu lintas atau lalin di Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 1 khususnya pada periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Dengan adanya ruas Tol Serpong - Cinere yang merupakan bagian dari Jalan Tol JORR 2 dapat membantu dalam mengurai kepadatan lalu lintas di Jalan Tol JORR 1," ujar Direktur Utama CSJ Mirza Nurul Handayani di Tangerang Selatan, Banten, Senin.

Mirza mengatakan, Ruas Tol Serpong - Cinere yang telah terkoneksi seluruhnya di dapat melengkapi jaringan jalan tol JORR 2 dan siap dioperasikan secara fungsional pada periode Natal - Tahun Baru.

Ruas tol Serpong - Cinere ini terintegrasi secara fungsional dengan Ruas Tol Cinere - Jagorawi yang dioperasikan oleh PT Trans Lingkar Kita Jaya (TLKJ) non Jasa Marga di seksi Kukusan - Cinere.

Kondisi lalu lintas di Ruas Tol Serpong - Cinere dan Ruas Tol Cinere - Jagorawi masih di bawah V/C Ratio optimal yakni 0,8.

Dengan adanya Ruas Tol Serpong - Cinere ini bisa menjadi ruas tol alternatif bagi warga dari arah Bogor yang akan menuju Bandara Soekarno - Hatta (Soetta) melalui jalan tol JORR 2.

"Seperti kita ketahui dari arah Depok atau Bogor yang mau ke Bandara Soetta yang sebelumnya melalui Jalan Tol JORR 1 dan Jalan Tol Dalam Kota, saat ini bisa melewati Jalan Tol JORR 2 dengan menggunakan Ruas Tol Serpong - Cinere serta dipastikan lancar," kata Mirza.

Masyarakat bisa juga langsung mengakses Jalan Tol Jagorawi melalui Ruas Tol Serpong - Cinere yang terkoneksi dengan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago).

Ruas Tol Serpong - Cinere terdiri dari dua seksi, di mana seksi 2 yang dimulai dari Pamulang hingga Cinere sepanjang 3,64.

Sedangkan untuk seksi 1 ruas tol tersebut dimulai dari Serpong ke Pamulang dengan panjang 6,5 km, dan sudah beroperasi sejak April 2021.

Seksi 2 ruas tol ini telah mendapat surat keputusan terkait operasinya yang diterbitkan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada 3 Oktober 2023.

"Untuk seksi 2 tol Serpong Cinere sepanjang 3,64 km, Kami sudah menyiapkan pengoperasiannya bekerja sama dengan pengelola Tol Cinere - Jagorawi (Cijago)," kata Mirza.

Ruas Tol Serpong - Cinere merupakan bagian dari jaringan jalan tol JORR 2. Perlu diketahui, JORR II terbagi ke dalam enam ruas, yaitu Jalan Tol Cengkareng – Kunciran (14,19 km), Jalan Tol Kunciran – Serpong (11,14 km), Jalan Tol Serpong – Cinere (10,14 km), Jalan Tol Cinere – Jagorawi (14,70 km), Jalan Tol Cimanggis – Cibitung (26,18 km), dan Jalan Tol Cibitung – Cilincing (34,78 km).

Baca juga: Jasa Marga siagakan armada operasional untuk libur Natal-tahun baru

Baca juga: Jasa Marga ungkap penyebab tak usul diskon tarif tol untuk tahun baru

Baca juga: Jasa Marga sediakan 17 SPKLU untuk periode libur natal dan tahun baru

Baca juga: Jasa Marga siapkan dua ruas tol fungsional untuk Natal dan tahun baru

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023