Sleman (ANTARA News) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menargetkan kunjungan wisatawan di sejumlah objek wisata pada libur lebaran mencapai 100.000 orang.

"Pada Lebaran 2012 jumlah kunjungan wisatawan ke Sleman mencapai 117.749, namun tahun ini kami hanya mematok target kunjungan sebanyak 100.000 wisatawan," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman Ayu Laksmidewi, Jumat.

Menurut dia, alasan target tahun ini di bawah jumlah kunjungan tahun lalu karena tahun ini libur Lebaran lebih pendek dibanding tahun lalu.

"Memang untuk libur anak sekolah cukup panjang, namun untuk libur pegawai hanya 3 hingga 11 Agustus, cukup pendek," katanya.

Ia mengatakan, tahun ini pihaknya masih mengandalkan objek wisata lereng Gunung Merapi untuk menarik kunjungan wisatawan.

"Destinasi unggulan masih objek wisatawa lereng Merapi seperti Kaliurang, Volcano Tour Cangringan, Museum Gunungapi Merapi, Desa Wisata dan Candi Prambanan," katanya.

Ayu mengatakan, terkait dengan hembusan kuat Gunung Merapi beberapa waktu lalu, pihaknya masih belum akan melakukan penutupan objek wisata lereng Merapi.

"Saat ini status Gunung Merapi masih normal, dan kami mendapat informasi dari BPPTKG bahwa objek wisata lereng Merapi masih boleh dikunjungi," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pihak-pihak berwenang untuk keamanan pengunjung objek wisata, khusunya lereng Merapi.

"Intinya kami akan mematuhi apapun informasi dan rekomendasi dari instansi berwenang, kami juga akan terus mengikuti perkembangan aktivitas Merapi," katanya.


Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013