Banjarmasin (ANTARA News) - Mantan Ketua Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Kalimantan Selatan H Rusdiansyah Asnawi yang juga seorang ulama, mengabarkan surga merindukan terhadap empat golongan.

"Kedengarannya kan aneh, surga yang merindukan. Sebab biasanya orang/kita yang merindukan surga," ujarnya dalam kuliah subuh Jumat di Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin.

"Siapa atau golongan mana saja yang dirindukan surga tersebut," lanjut Ketua Badan Pengelola Masjid Raya Sabilal Muhtadin itu seraya menyebutkan, yaitu orang yang gemar membaca Al Quran.

Mantan Ketua PTA Manado, Sulawesi Utara dan Palangkaraya, Kalimantan Tengah itu mengatakan, pengertian gemar membaca Al Quran itu minimal tidak meninggalkan shalat wajib lima waktu.

Golongan kedua yang dirindukan surga, lanjutnya, yaitu orang yang dapat memelihara lisan/lidah. Pengertian dari memelihara lisan, antara lain minimal tidak menggunjing orang lain.

Selain itu, surga merindukan orang yang suka memberi makan yang sedang kelaparan atau ifthar untuk orang berpuasa. Karena membukakan orang yang berpuasa itu juga mendapatkan pahala sejumlah orang yang berpuasa.

Kemudian golongan keempat, yaitu orang puasa Ramadhan dengan ikhlas (karena Allah), lanjut mantan Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (NU) Kalsel itu.

Pewarta: Syamsuddin Hasan
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013