Jakarta (ANTARA News) - Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri berbuka puasa bersama dengan lebih dari 400 anak jalanan dari lima wilayah di Provinsi DKI Jakarta di Taman Ismail Marzuki, Kamis.

Sebelum berbuka, Mensos berdialog dengan sejumlah anak jalanan yang rata-rata masih usia sekolah dasar.

Dialog itu ditujukan untuk mendapat informasi, mendengar harapan dan keinginan anak-anak jalanan untuk keluar dari situasi saat ini, sehingga diperoleh solusi, perencanaan dan program yang sesuai bagi anak jalanan.

Dalam dialog itu, Mensos menanyakan keinginan anak-anak untuk tidak lagi hidup di jalanan.

Para anak jalanan itu pun menjawab bahwa mereka tidak ingin lagi hidup di jalanan. Sebagian besar dari mereka ingin kembali ke sekolah dan ingin mewujudkan cita-citanya menjadi dokter, tentara, artis, dan bahkan ada yang ingin menjadi menteri.

Setelah berdialog, Mensos menikmati lantunan shalawat yang dibawakan para anak jalanan dengan diiringi alat musik seperti kaleng cat dan drum.

Sejauh ini upaya yang dilakukan Kementerian Sosial untuk menangani anak jalanan di Jakarta pada 2013 antara lain memberikan bantuan Program Kesejahteraan Sosial Anak (PKSA) terbatas bagi anak-anak jalanan yang menghabiskan seluruh waktunya di jalan.


Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013