... diperkirakan berlangsung dari pukul 19.00 hingga 01.00 dini hari (di Indonesia pada pukul 07.00-13.00 WIB, Jumat)... "
Jakarta (ANTARA News) - Situs foto milik Yahoo, Flickr, akan turun atau down selama enam jam pada Kamis malam waktu setempat untuk pemeliharaan, demikian diberitakan CNN.

Pemadaman yang diumumkan Rabu lalu melalui kiriman di blog itu diperkirakan berlangsung dari pukul 19.00 hingga 01.00 dini hari (di Indonesia pada pukul 07.00-13.00 WIB, Jumat).

"Sepanjang waktu tersebut, Flickr tidak akan tersedia di web maupun mobile, dan API (antarmuka yang digunakan pengembang) juga tidak akan bisa diakses. Akan ada juga pemberitahuan yang disebarkan sejam sebelumnya guna memastikan tidak ada yang terkejut," kutip kiriman di blog itu.

Pengguna dianjurkan untuk memonitor pembaruan melalui Twitter selama pemadaman, karena Yahoo tidak menawarkan keterangan apapun mengenai jenis pemeliharaan untuk situs tersebut.

Enam jam pemadaman merupakan waktu yang sangat panjang untuk situs sebesar Flickr, yang mengklaim memiliki sekitar 87 juta pengguna.

Pembenahan Flickr adalah salah satu tujuan Yahoo sejak CEO-nya, Marissa Mayer, mengambil alih perusahaan tahun lalu.

Pada Mei, situs pencari itu melakukan perombakan besar di Flickr, termasuk pembaruan desain yang fokus pada gambar yang lebih besar, fitur sosial baru dan penyimpanan keseluruhan hingga satu terabyte untuk setiap pengguna, yang diperkirakan bisa menampung 537.000 foto.

Perombakan desain itu muncul setelah pengguna berkampanye kepada Mayer untuk membuat situs foto itu menjadi lebih keren lagi. Mayer dan yang lainnya sendiri mengakui Yahoo memang telah mengabaikan itu sejak dibeli pada 2005.

Penerjemah: Ade Irma Junida
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013