Tahun lalu jalur alternatif Hancet (Hanjawar-Pacet) tidak dapat dipergunakan karena tertutup longsor. Tahun ini kondisinya sepanjang 8 kilometer memprihatinkan banyak lubang seperti kubangan...
Cianjur, Jawa Barat (ANTARA News)- Jalur alternatif di wilayah Cianjur bagian utara, tepatnya di empat kecamatan dalam kondisi rusak berat

Padahal jalur alternatif tersebut sebagai antisipasi apabila terjadi antrian panjang saat musim mudik dan libur panjang di Jalur Puncak--Cianjur yang membentang di Kecamatan Cipanas, Pacet, Sukaresmi, dan Cigenang

Pantauan ANTARA, kondisi jalur alternatif ini rusak berat dan tidak layak dijadikan jalur alternatif karena rawan bencana longsor dan amblas.

"Tahun lalu jalur alternatif Hancet (Hanjawar-Pacet) tidak dapat dipergunakan karena tertutup longsor. Tahun ini kondisinya sepanjang 8 kilometer memprihatinkan banyak lubang seperti kubangan di sepanjang jalan alternatif ini," kata Herman (36) salah seorang tokoh pemuda Kecamatan Sukaresmi, Senin.

Padahal jalur alternatif Hancet selain sebagai jalur alternatif utama untuk mengurai antrian panjang di jalur Puncak--Cipanas, juga terdapat jalur alternatif lain yang menghubungkan antara kabupaten Cianjur dengan Bogor melalui daerah Jonggol.

"Kalau dimaksimalkan jalur alternatif ini dapat dilalui kendaraan besar seperti bus karena ukurannya cukup lebar. Namun sejak beberapa tahun terakhir jalur ini seperti tidak mendapat perhatian," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan dan Informasi Cianjur, Aban Sobandi, membenarkan rusaknya jalur alternatif tersebut. Sehingga untuk arus mudik dan balik kali ini, pihaknya belum bisa menyarankan jalur tersebut untuk digunakan pada musim mudik dan balik tahun ini.

"Kita akan meninjau jalur alternatif tersebut karena laporan yang kami terima kondisinya rusak berat. Selama ini jalur tersebut merupakan jalur alternatif utama jika terjadi antrian di Jalur Puncak--Cianjur," katanya.

Ia menambahkan, saat ini jalur alternatif yang disarankan pihaknya dan Polres Cianjur, masih Jalur Cianjur--Cikalongkulon--Jonggol atau Cianjur--Sukabumi--Bogor, untuk kendaraan dari arah Jakarta atau sebaliknya.

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013