Kami menargetkan jalan ini selesai diperbaiki menjelang meningkatnya arus mudik..."
Lubukbasung, Sumbar (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, melarang truk melintasi jalan Kelok 44 pada H-7 lebaran Idul Fitri 1434 Hijriyah untuk mengatasi kemacetan saat mudik di kawasan itu.

Bupati Agam Indra Catri di Lubukbasung, Sabtu, mengatakan selama ini menjelang Lebaran sering terjadi kemacetan di jalur Kelok 44, sehingga untuk mengatasi kemacetan saat mudik dan libur Lebaran, jalur ini ditutup untuk truk sehingga pemudik tidak kecewa.

"Kita tidak menginginkan para perantau yang pulang kampung dan pengunjung yang datang ke daerah ini kecewa dengan kondisi tersebut," kata bupati.

Ia mengatakan, untuk mengatasi lalu lintas truk, truk dari Lubukbasung menuju Bukittinggi maupun sebaliknya dialihkan ke Palembayan.

Saat ini jalan Matur menuju Padang Koto Gadang Palembayan sudah diperbaiki Dinas Pekerja Umum Kabupaten Agam dan Provinsi Sumbar.

"Kami menargetkan jalan ini selesai diperbaiki menjelang meningkatnya arus mudik," katanya.

Selain memperbaiki jalan Matur menuju Padang Koto Gadang Palembayan, Pemkab Agam juga memperbaiki jalan Panta menuju Bukittinggi, Matur menuju Setingkai dan Padang Koto Gadang menuju Palembayan.

Selain itu, juga memperbaiki jalan alternatif di Ampek Angkek dan daerah lainnya.

"Mudah-mudahan target ini tercapai, karena saya sudah memerintahkan Dinas Pekerja Umum Kabupaten Agam bekerja ekstra," kata dia.

Pewarta: Hamriadi
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013