New York/Seattle (ANTARA New) - Para anggota dewan direksi Microsoft Corp telah mengadakan pembicaraan dengan ValueAct Capital Management LP dalam beberapa hari belakangan setelah perusahaan ini meminta kursi direksi Microsoft, demikian dua sumber seperti dikutip Reuters.

ValueAct yang menginginkan Microsoft mengadopsi dunia baru komputasi mobile, tengah menominasikan seseorang di jajaran direksi Microsoft.

Kabar ini muncul setelah pendapatan Microsoft turun menjadi 34 miliar dolar AS akibat lemahnya permintaan sistem Windows terbaru dan  tablet Surface.

ValueAct yang berbasis di San Francisco dan mengelola lebih dari 10 miliar dolar AS dana klien-kliennya, menguasai 33 juta saham Microsoft sampai Maret lalu atau 0,4 persen dari total saham luar biasa namun diyakini telah membeli lebih banyak lagi.

Lembaga dana yang didirikan veteran industri keuangan Jeff Ubben pada 2000 ini telah membangun reputasi dalam mengembangbiakkan saham di berbagai perusahaan dan kerjasama manajemen dalam mengubah strategi fundamental.

Perusahaan besar milik ValueAct lainnya adalah Adobe Systems Inc, Motorola Solutions Inc dan Valeant Pharmaceuticals International Inc.

Dalam beberapa bulan terakhir sejumlah investor institusional puncak Microsoft telah menghubungi ValueAct karena mengkhawatirkan eksekusi dan strategi manajemen.

Yang paling dikeluhkan adalah pergantian di pucuk pimpinan perusahaan. 

Steve Ballmer yang menduduki jabatan kepala eksekutif sejak 2000 sepertinya tak akan melepaskan jabatannya ini.

Ballmer (57) pernah mengungkapkan akan bertahan di jabatan itu sampai putera bungsunya masuk kuliah, sekitar 2017 atau 2018, demikian Reuters.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013