Garut (ANTARA News) - Kepolisian Daerah Jawa Barat akan segera menguji coba jalur Lingkar Gentong di Tasikmalaya untuk memastikan apakah jalan itu sudah bisa digunakan untuk arus mudik Lebaran mendatang atau

"Saya minta Kasatlantas setempat minggu ini untuk diuji coba, apakah boleh dipakai atau tidak," kata Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Suhardi Alius dalam kunjungannya ke markas Polres Garut, Kamis.

Ia menuturkan, jalur Lingkar Gentong di Kecamatan Kadipaten masih dalam tahapan penyelesaian dan belum diujicoba untuk berbagai jenis kendaraan.

Ia berharap, jalur Lingkar Gentong bisa digunakan berbagai jenis kendaraan sehingga dapat mengatasi kemacetan di jalur selatan atau Jalan Raya Bandung-Tasikmalaya.

Jika hasil uji tidak bisa digunakan, kata Suhardi, kemungkinan jalur Lingkar Gentong hanya dapat dilintasi kendaraan kecil roda dua dan empat.

"Kita uji coba dulu jangan sampai nanti kita alihkan arus ke jalur alternatif Lingkar Gentong tapi tidak bisa digunakan," katanya.

Sementara itu jalur mudik wilayah Jabar, kata Suhardi, masih terganggu adanya delapan titik perbaikan jalan, lima titik di jalur Pantura, satu titik jalur tengah dan tiga titik jalur selatan.

Namun proses perbaikan jalan itu, kata dia berdasarkan janji penanggungjawab proyek dapat selesai 30 Juli 2013.

"Mereka 30 Juli janjinya sudah selesai semua, bahkan ada yang awal dari itu. Kita khawatir kalau itu masih berjalan pada saat mudik akan mengganggu," katanya.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013