Kawasan Jalan Tutugan Leles seringkali terjadi antrean kendaraan panjang ketika ada kendaraan besar yang melaju dari arah Leles menuju Garut Kota itu.
Garut (ANTARA News) - Pelebaran jalan raya Tutugan Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat, akan dihentikan H-10 hari raya Lebaran karena akan membahayakan pengguna jalan, kata panitia pelaksana proyek jalan tersebut.

"Aktivitas pengikisan tanah tebing sepanjang jalan yang sedang dilebarkan di kawasan Tutugan Leles akan dihentikan karena akan mengganggu arus mudik," kata Ketua Pelaksana proyek jalan PT. Dian, Kurnadi, di Garut, Rabu.

Ia menuturkan, proses pelebaran jalan masih terhambat dua bongkahan batu besar sehingga jalan tersebut tidak dapat digunakan saat mulai meningkat arus mudik kendaraan.

Menurut dia, jika proses pelebaran jalan terus dilanjutkan khawatir mengancam keselamatan pengguna jalan yang melintas kawasan tersebut.

"Saat penyingkiran batu seringkali menggelinding ke jalan, makanya lebih baik dihentikan proses pelebaran jalan mulai H-10 Lebaran," katanya.

Sementara itu, pelebaran jalan raya wilayah Kecamatan Leles tersebut dilakukan oleh Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat dengan anggaran sebesar Rp7,8 miliar.

Pelebaran jalan di kawasan Tutuhan Leles dilakukan dengan mengikis dan meratakan tanah tebing yang rencananya akan dibuat dua lajur dari Bandung menuju Garut kota dan satu lajur arah sebaliknya.

Kawasan Jalan Tutugan Leles seringkali terjadi antrean kendaraan panjang ketika ada kendaraan besar yang melaju dari arah Leles menuju Garut Kota itu.

Bahkan Jalan Tutugan Leles yang terdapat beberapa tikungan tajam itu seringkali terjadi kemacetan saat libur akhir pekan atau hari besar.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013