Jakarta (ANTARA News) - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan menyediakan dua kapal untuk mengangkut para pemudik secara cuma-cuma melalui program "Mudik Gratis Dengan Kapal."

Menurut siaran pers Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, pemerintah menyiapkan kapal KM Dobonsolo dan KRI Banda Aceh untuk mengangkut pemudik dan sepeda motor mereka dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta ke Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

KM Dobonsolo milik PT Pelni bisa mengangkut 1.700 motor dan 3.400 penumpang sementara KRI Banda Aceh milik TNI Angkatan Laut dapat mengangkut 1.000 motor dan 2.000 penumpang.

Pemberangkatan pemudik menggunakan KM Dobonsolo akan dilakukan pada 3 Agustus 2013 pukul 10.00 WIB dan tanggal 5 Agustus 2013 pukul 16.00 WIB dari Tanjung Priok ke Tanjung Emas.

Sementara pengangkutan penumpang pada arus balik akan dilakukan dari Pelabuhan Tanjung Emas ke Pelabuhan Tanjung Priok tanggal 12 Agustus 2013, pukul 16.00 WIB.

KRI Banda Aceh juga akan mengangkut pemudik dan motornya dari Pelabuhan Tanjung Priok ke Pelabuhan Tanjung Emas pada 4 Agustus 2013 Pukul 10.00 WIB dan 6 Agustus 2013 pukul 10.00 WIB.

Selain itu KRI Banda Aceh akan mengangkut penumpang pada arus balik dari Pelabuhan Tanjung Emas ke Pelabuhan Tanjung Prioktanggal 13 Agustus 2013, pukul 10.00 WIB.

Pemudik yang ingin memanfaatkan layanan mudik gratis tersebut bisa mendaftar melalui Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok Jakarta di Jl Palmas No 1 Pelabuhan Tanjung Priok, Kantor Pusat Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Kantor PT Pelni dan agennya, serta Kantor Kolinlamil untuk anggota TNI.

Pemudik yang mendaftar diwajibkan membawa persyaratan berupa fotokopi Surat Tanda Nomor Kendaraan serta fotokopi identitas diri yang masih berlaku.

Program mudik gratis dengan kapal diharapkan bisa mengurangi beban jalan raya darat di sepanjang jalur pantai utara (Pantura) Jawa selama arus mudik dan balik Lebaran tahun ini.

Pewarta: Muhammad Razi Rahman
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013