Seminggu sebelum dan setelah Lebaran mudah-mudahan semua baik"
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mengatakan jalan di jalur lintas utara dan selatan Pulau Jawa masih ada kerusakan di sejumlah titik dan sedang diperbaiki.

"Yang sekarang masih ada kerusakan itu dari pengamatan saya perbatasan Jawa Barat, Losari, ke Timur sampai Brebes, itu masih dikerjakan," katanya.

Ia menambahkan,"juga lintas selatan perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah di sekitar Wangon, itu juga masih dalam pengerjaan."

Menteri Pekerjaan Umum mengatakan ruas-ruas tersebut masih dalam proses perbaikan dan proses perbaikan akan dihentikan sementara sepekan sebelum dan sepekan setelah Lebaran.

"Harapan kita pada saatnya akan selesai. Seminggu sebelum dan setelah Lebaran mudah-mudahan semua baik. Belum selesai tapi kita harapannya bisa layani pemudik dengan baik," kata Djoko.

Ia memaparkan dari panjang jalan nasional 38.000 km, tentu memerlukan perawatan tahunan dari mulai rutin, berkala hingga rekonstruksi.

"Kalau sekarang pemeliharaan rutin, tahun depan berkala itu memang bisa terjadi," paparnya.

Secara garis besar, kata Djoko, untuk kegiatan bina marga keseluruhan pada 2013 berkisar antara Rp30 triliun hingga Rp40 triliun, angka itu meningkat dibandingkan 2005 yang hanya belasan triliun.

Pewarta: Panca Hari Prabowo
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013