Jakarta (ANTARA) -
Pengamat Politik dari Universitas Indonesia (UI), Cecep Hidayat menilai pasangan Prabowo-Gibran memang mengincar dukungan dari Jawa Barat selaku wilayah yang memiliki jumlah pemilih terbanyak.
 
"Jawa sendiri kalau bicara penduduk terbesar adalah Jawa Barat," kata Cecep saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Jumat.

Baca juga: TKN klaim gaya politik Prabowo-Gibran mulai diapresiasi paslon lain

Baca juga: Kampanye pertama Prabowo akan ke Jawa Barat dan Banten bertemu ulama
 
Itu sebabnya, lanjut Cecep, Prabowo memilih melakukan kampanye pertama di Jawa Barat pada Sabtu (2/12), besok.
 
Cecep menjelaskan, jumlah penduduk Indonesia saat ini diperkirakan 270 juta di mana 204 juta di antaranya memiliki hak untuk memilih.
 
Lebih lanjut, 60 persen dari 204 juta pemilih itu berada di pulau Jawa. Jawa Barat menjadi wilayah dengan jumlah pemilih tertinggi.
 
"Terbesar adalah Jawa Barat kemudian disusul Jawa Timur dan Jawa Tengah," kata dia.
 
Cecep menambahkan, Prabowo-Gibran juga berusaha mengamankan suara dari Jawa Timur.
 
Hal tersebut terlihat dengan ditunjuknya Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menjadi salah satu tim sukses Prabowo-Gibran.
 
Namun demikian, Cecep memperkirakan Prabowo-Gibran harus bekerja ekstra keras ketika mencari dukungan di Jawa Tengah lantaran wilayah tersebut merupakan basis pendukung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).
 
Dengan dikuasainya mayoritas dukungan di pulau Jawa, Cecep memperkirakan langkah Prabowo-Gibran memenangkan pemilihan presiden (Pilpres) semakin mudah.
 
Prabowo Subianto dijadwalkan menggelar kampanye pertama di Jawa Barat dan Banten bertemu kalangan ulama, besok.
 
"Prabowo di Jawa Barat dan Banten akan ketemu tokoh-tokoh ulama, kiai, dan pondok pesantren," kata Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani saat ditemui di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (30/11).
 
Selain dukungan anak muda, pihaknya juga membutuhkan suara ulama guna memperkuat basis pendukung, khusus di Pulau Jawa.
 
Saat ditanya ke mana Calon Wakil Presiden RI Gibran Rakabuming Raka akan berkampanye pada tanggal yang sama, Muzani belum bisa menjelaskan hal tersebut.
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.
 
Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.
 
KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Walda Marison
Editor: Sigit Pinardi
Copyright © ANTARA 2023